Page 23 - majalah_edukasi_3
P. 23
Empat aspek Model Evaluasi CIPP (context, input, process and output) membantu pengambil
keputusan untuk menjawab empat pertanyaan dasar mengenai;
Apa yang harus dilakukan (What should we do?); mengumpulkan dan menganalisa needs
assessment data untuk menentukan tujuan, prioritas dan sasaran.
Bagaimana kita melaksanakannya (How should we do it?); sumber daya dan langkah-langkah
yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan dan mungkin meliputi identifikasi program
eksternal dan material dalam mengumpulkan informasi
Apakah dikerjakan sesuai rencana (Are we doing it as planned?); ini menyediakan pengambil-
keputusan informasi tentang seberapa baik program diterapkan. Dengan secara terus-menerus
memantau program, pengambil-keputusan mempelajari seberapa baik pelaksanaan telah sesuai
petunjuk dan rencana, konflik yang timbul, dukungan staf dan moral, kekuatan dan kelemahan
material, dan permasalahan penganggaran.
Apakah berhasil (Did it work?); dengan mengukur outcome dan membandingkannya pada hasil
yang diharapkan, pengambil-keputusan menjadi lebih mampu memutuskan jika program harus
dilanjutkan, dimodifikasi, atau dihentikan sama sekali. Jika merujuk pada empat aspek model
evaluasi CIPP di atas, maka dalam membuat sebuah program, pastikan sekolah menyiapkan
jawaban atas empat pertanyaan berikut:
Apa yang harus dilakukan (What should we do?);
Bagaimana kita melaksanakannya (How should we do it?);
Apakah dikerjakan sesuai rencana (Are we doing it as planned?);
Apakah berhasil (Did it work?);
Untuk menjawab pertanyaan pertama, sekolah harus menentukan tujuan, prioritas dan
sasaran. Intinya, buatlah program kerja yang paling tidak memuat tujuan, prioritas, dan sasaran
yang diperlukan. Pertanyaan kedua tentang bagaimana pelaksanaan pun tulislah dalam program
kerja pada poin pertama. Rancanglah sumber daya dan langkah-langkah yang diperlukan untuk
mencapai sasaran dan tujuan yang mungkin meliputi identifikasi program eksternal dan material
dalam mengumpulkan informasi.
Kegiatan mendokumentasikan pelaksanaan program juga harus dilakukan untuk dapat
menjawab pertanyaan apakah dikerjakan sesuai rencana (Are we doing it as planned?). Lacak dan
catat semua hal yang terjadi pada saat kegiatan berlangsung, termasuk konflik yang timbul dan
permasalahan yang muncul. Dengan demikian, kita akan bisa mengukur apakah program sesuai
dengan tujuan yang diinginkan atau tidak, agar dapat menjawab pertanyaan apakah berhasil (Did
it work?).
Jelas sekali bahwa evaluasi akan dapat membantu sekolah menilai sebuah program yang
dijalankan akan bisa dilanjutkan atau tidak. Apakah perlu sentuhan perbaikan atau tidak, dan
seterusnya. Jika sekolah selalu mengevaluasi dengan jalan terbaik, hasil yang didapatkan pun akan
menjadi hasil terbaik. Selamat melakukan evaluasi!
23