Page 23 - majalah_edukasi_3
P. 23

Empat aspek Model Evaluasi CIPP (context, input, process and output) membantu pengambil
         keputusan untuk menjawab empat pertanyaan dasar mengenai;
            Apa  yang  harus  dilakukan  (What  should  we  do?);  mengumpulkan  dan  menganalisa  needs
         assessment data untuk menentukan tujuan, prioritas dan sasaran.
            Bagaimana kita melaksanakannya (How should we do it?); sumber daya dan langkah-langkah
         yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan dan mungkin meliputi identifikasi program
         eksternal dan material dalam mengumpulkan informasi
            Apakah dikerjakan sesuai rencana (Are we doing it as planned?); ini menyediakan pengambil-
         keputusan informasi tentang seberapa baik program diterapkan. Dengan secara terus-menerus
         memantau program, pengambil-keputusan mempelajari seberapa baik pelaksanaan telah sesuai
         petunjuk  dan rencana,  konflik  yang  timbul,  dukungan  staf  dan  moral,  kekuatan  dan  kelemahan
         material, dan permasalahan penganggaran.
            Apakah berhasil (Did it work?); dengan mengukur outcome dan membandingkannya pada hasil
         yang diharapkan, pengambil-keputusan menjadi lebih mampu memutuskan jika program harus
         dilanjutkan,  dimodifikasi,  atau  dihentikan  sama  sekali.  Jika  merujuk  pada  empat  aspek  model
         evaluasi  CIPP  di  atas,  maka  dalam  membuat  sebuah  program,  pastikan  sekolah  menyiapkan
         jawaban atas empat pertanyaan berikut:


            Apa yang harus dilakukan (What should we do?);
            Bagaimana kita melaksanakannya (How should we do it?);
            Apakah dikerjakan sesuai rencana (Are we doing it as planned?);
            Apakah berhasil (Did it work?);
            Untuk  menjawab  pertanyaan  pertama,  sekolah  harus  menentukan  tujuan,  prioritas  dan
         sasaran. Intinya, buatlah program kerja yang paling tidak memuat tujuan, prioritas, dan sasaran
         yang diperlukan. Pertanyaan kedua tentang bagaimana pelaksanaan pun tulislah dalam program
         kerja pada poin pertama. Rancanglah sumber daya dan langkah-langkah yang diperlukan untuk
         mencapai sasaran dan tujuan yang mungkin meliputi identifikasi program eksternal dan material
         dalam mengumpulkan informasi.
            Kegiatan mendokumentasikan pelaksanaan program juga harus dilakukan untuk dapat
         menjawab pertanyaan apakah dikerjakan sesuai rencana (Are we doing it as planned?). Lacak dan
         catat semua hal yang terjadi pada saat kegiatan berlangsung, termasuk konflik yang timbul dan
         permasalahan yang muncul. Dengan demikian, kita akan bisa mengukur apakah program sesuai
         dengan tujuan yang diinginkan atau tidak, agar dapat menjawab pertanyaan apakah berhasil (Did
         it work?).
            Jelas  sekali  bahwa  evaluasi  akan  dapat  membantu  sekolah  menilai  sebuah  program  yang
         dijalankan  akan  bisa  dilanjutkan  atau  tidak.  Apakah  perlu  sentuhan  perbaikan  atau  tidak,  dan
         seterusnya. Jika sekolah selalu mengevaluasi dengan jalan terbaik, hasil yang didapatkan pun akan
         menjadi hasil terbaik. Selamat melakukan evaluasi!

                                                             23
   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28