Page 27 - majalah_edukasi_3
P. 27
Membiasakan pola dan perilaku hidup hemat dapat pula dilakukan dengan cara membiasakan
berbagi. Berikan informasi yang mudah dicerna dan logis bahwa lingkungan di sekitar kita tidaklah
sama, ada orang yang berkecukupan dan ada yang kesusahan. Bagi yang berkecukupan maka
sebaiknya memberikan sebagian yang dimiliki kepada yang sedang kekurangan.
Mengajari anak membantu orang lain merupakan bagian penting dalam pelajaran tentang uang.
Banyak kegiatan keagamaan yang bisa digunakan sebagai media belajar. Misalnya ketika sedang
beribadah ke masjid jangan lupa berikan si kecil uang untuk di masukkan ke kotak amal. Anak juga
bisa diajak membeli makanan untuk dibawa ke panti asuhan. Ajari anak melakukan kegiatan sosial
yang sesuai dengan minat si kecil. Misalnya bila ia pecinta binatang, ajak sikecil ke kebun binatang
dan ajari untuk memberi makanan hewan di kebun binatang
Menghargai uang berarti mendidik anak menggunakan uang secara bijaksana. Belilah sesuatu
karena memang dibutuhkan. Jika ada pakaian atau perlengkapan sekolah yang masih bisa dipakai,
kenapa harus beli yang baru.
Langkah penting yang perlu ditanamkan pada anak yaitu memiliki sesuatu benda/materi perlu
disesuaikan dengan kondisi. Keinginan yang tidak terkendali akan mengganggu perkembangan
anak dan lingkungan. Anak-anak boleh memiliki keinginan, akan tetapi tidak boleh mengganggu
hak orang lain.
Mendidik anak bersikap dan bertindak sederhana dalam keluarga dimulai dari kemampuan
membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Keinginan adalah dorongan pemenuhan kebutuhan
yang tidak pokok. Kebutuhan adalah pemenuhan kebutuhan pokok.
Mintalah anak untuk memilih target yang akan dipenuhi dengan uang tabungannya. Berlibur atau
membeli mainan yang sudah lama diidam-idamkan. Misalnya ajarkan si kecil untuk menyisihkan
20-30 persen dari tabungannya untuk memenuhi keinginannya dan sisanya disimpan sebagai
cadangan.
Bekasi, Desember 2018
Salam Pembelajar Literasi
27