Page 22 - majalah_edukasi_3
P. 22

EVAUASI PROGRAM KEGIATAN SEKOLAH DENGAN CIPP


                                Oleh: Siti Mugi Rahayu, M.Pd. – guru SMA Al Muslim


          Setiap tahun guru-guru dan manajemen sekolah
       merancang kegiatan sekolah untuk dilaksanakan dalam satu
       tahun ke depan. Tidak jarang program yang dirancang  dan
       dilakukan  sekolah  adalah  kegiatan  berulang.  Kegiatan  yang
       sama dari tahun ke tahun. Tidak sedikit guru dan manajemen
       menarik kesimpulan bahwa sebuah program memang layak
       dipergunakan  kembali  untuk  dilaksanakan  tanpa  adanya
       kegiatan evaluasi. Bahkan, banyak guru yang tidak tahu bahwa
       kegiatan sekolah yang dilakukan guru dan manajemen sekolah
       harus dievaluasi seketika setelah kegiatan berlangsung.
          Evaluasi merupakan istilah baru yang berkembang menjadi
       disiplin ilmu sendiri. Tentu saja ini didasari pada pentingnya
       sebuah evaluasi dilakukan dengan metode tertentu agar dapat
       memberikan manfaat bagi sekolah penyelenggara. Seringkali
       kegiatan evaluasi yang dilakukan sebelumnya adalah kegiatan evaluasi sederhana yang hanya
       mampu menjawab bagaimana pelaksanaan program, tidak menukik pada berbagai hal yang perlu
       ditelaah secara komprehensif dan mendalam.
          Stufflebeam mengatakan bahwa evaluasi adalah proses memperoleh dan menyajikan informasi
       yang  berguna  untuk  mempertimbangkan  alternatif-alternatif  pengambilan  keputusan.  Djaali,
       Mulyono dan Ramli (2000) menegaskan bahwa evaluasi adalah proses menilai sesuatu berdasarkan
       standar objektif yang ditetapkan kemudian diambil keputusan atas objek yang dievaluasi. Kedua
       pendapat ini sama-sama mengatakan bahwa evaluasi dipergunakan untuk kegiatan lanjutan yaitu
       pengambilan  keputusan.  Artinya,  evaluasi  merupakan  kegiatan  yang  penting  dilakukan.  Dan  ini
       juga berarti bahwa kegiatan berikutnya yang dirancang harus lebih baik dari kegiatan yang pernah
       dilakukan sebelumnya. Harus ada tindakan menelaah program yang telah dilakukan sedemikian
       rupa dengan membandingkannya pada standar objektif yang telah ditetapkan. Penetapan standar
       untuk mempermudah membandingkan program yang dikerjakan dengan yang seharusnya.
          Proses evaluasi dilakukan dengan menyajikan data-data yang menjadi objektif jika dipaparkan
       sesuai yang terjadi. Proses ini disebut kegiatan investigasi oleh The Joint Committee on Standard
       for  Educational  Evaluation  (1994)  yang  selanjutnya  mendefinisikan  evaluasi  sebagai  kegiatan
       investigasi yang sistematis tentang keberhasilan suatu tujuan.
          Wirawan  (2006)  mendefinisikan  evaluasi  sebagai  proses  mengumpulkan  dan  menyajikan
       informasi mengenai objek evaluasi, menilainya dengan standar evaluasi dan hasilnya dipergunakan
       untuk  mengambil  keputusan  mengenai  objek  evaluasi.  Dengan  demikian,  penerapan  prosedur
       ilmiah yang sistematis berfungsi untuk menilai rancangan program dan menyajikan informasi untuk
       mengambil keputusan berdasarkan efektifitas suatu program yang dilakukan.
          Salah satu model evaluasi yang mudah dipergunakan dalam mengevaluasi program kegiatan
       sekolah adalah model CIPP (Context, Input, Process, Product). Model evaluasi CIPP merupakan
       model yang komprehensif, sehingga lebih banyak digunakan untuk mengevaluasi program, proyek,
       atau institusi. Model ini dikembangkan oleh Daniel Stuffleabem (1967) di Ohio State University.
          Dalam perkembangan lebih lanjut, model CIPP banyak digunakan untuk mengevaluasi program
       pendidikan. Mulyatiningsih menambahkan bahwa model CIPP ini digunakan untuk mengevaluasi
       program  pendidikan  yang  berskala  internasional,  nasional,  lokal,  sampai  program  yang
       dikembangkan  secara  individual  seperti  program  pembelajaran.  Model  evaluasi  CIPP  dilakukan
       secara sistematis dengan langkah-langkah yang disesuaikan pada Context, Input, Process, dan
       Product.  Evaluasi CIPP dapat digambarkan sebagai berikut:






                                                          22
   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27