Page 22 - majalah_edukasi_4
P. 22

menghafal  sebagai  bagian  utama  dari  proses    melaksanakan  proses  belajar  mengajar  di  kelas.

               belajar.  Padahal,  menghafal  berbeda  dengan     Keberhasilan  proses  belajar  mengajar  di  kelas

               belajar.                                           dipengaruhi  oleh  berbagai  faktor.  Salah  satu

                                                                  faktornya  adalah  interaksi  guru  dan  siswa  dalam
                       Menghafal  itu  bukan  proses  belajar.
                                                                  pembelajaran.  Guru  adalah  subjek  yang  sangat
               Seperti  yang  dinyatakan  pada  situs  Kompas.com,
                                                                  berperan  dalam  membelajarkan  dan  mendidik
               menghafal  adalah  proses  menempatkan  infomasi
                                                                  siswa  sedangkan  siswa  merupakan  subjek  yang
               ke  dalam  ingatan.  Menghafal  umumnya  berbasis
                                                                  menjadi sasaran pendidikan.
               pada bunyi yang dihasilkan secara oral. Sedangkan

               belajar  adalah  proses  yang  berbeda  dengan            Pada  mata  pelajaran  matematika  dengan

               menghafal. Perbedaan terpentingnya terletak pada   kompetensi  dasar  mengidentifikasi  berbagai

               proses pencernaan informasi.                       bangun  datar  sederhana  menurut  sifat  dan

                                                                  unsurnya  yang  dipelajari  oleh  siswa  kelas  III
                       Menghafal  sama  dengan  memberi  suatu

               tanda  pada  otak  kita.  Konsekuensinya,  bila

               prosesnya  kita  hentikan,  maka  secara  perlahan

               tanda itu akan hilang. Maka siswa pun akan lupa.

               Banyak orang terjebak pada mitos bahwa jika anak-

               anak disuruh mengahafal di usia dini maka mereka

               akan  ingat  seumur  hidup.  Tentu  saja  prinsip  ini

               salah, kelak mereka akan lupa lagi jika tidak secara
                                                                  seringkali  mengalami  kendala.  Seperti  yang  telah
               terus menerus melakukan pengulangan.               saya  alami,  masalah  utama  dalam  pembelajaran


                                                                  materi   ini   adalah   bagaimana   mempelajari
                       Kita ketahui bersama bahwa keberhasilan
               pembelajaran  sebagian  besar  dipengaruhi  oleh   kompetensi dasar matematika yang bersifat hafalan

                                                                  agar  tidak  membosankan.  Selama  ini  siswa  hanya
               guru. Pencapaian tujuan pendidikan sebagian besar
               ditentukan   oleh   keberhasilan   guru   dalam    terpaku  pada  cara  menghafal  konvensional  yang


                                                             22
   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27