Page 22 - majalah_edukasi_4
P. 22
menghafal sebagai bagian utama dari proses melaksanakan proses belajar mengajar di kelas.
belajar. Padahal, menghafal berbeda dengan Keberhasilan proses belajar mengajar di kelas
belajar. dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu
faktornya adalah interaksi guru dan siswa dalam
Menghafal itu bukan proses belajar.
pembelajaran. Guru adalah subjek yang sangat
Seperti yang dinyatakan pada situs Kompas.com,
berperan dalam membelajarkan dan mendidik
menghafal adalah proses menempatkan infomasi
siswa sedangkan siswa merupakan subjek yang
ke dalam ingatan. Menghafal umumnya berbasis
menjadi sasaran pendidikan.
pada bunyi yang dihasilkan secara oral. Sedangkan
belajar adalah proses yang berbeda dengan Pada mata pelajaran matematika dengan
menghafal. Perbedaan terpentingnya terletak pada kompetensi dasar mengidentifikasi berbagai
proses pencernaan informasi. bangun datar sederhana menurut sifat dan
unsurnya yang dipelajari oleh siswa kelas III
Menghafal sama dengan memberi suatu
tanda pada otak kita. Konsekuensinya, bila
prosesnya kita hentikan, maka secara perlahan
tanda itu akan hilang. Maka siswa pun akan lupa.
Banyak orang terjebak pada mitos bahwa jika anak-
anak disuruh mengahafal di usia dini maka mereka
akan ingat seumur hidup. Tentu saja prinsip ini
salah, kelak mereka akan lupa lagi jika tidak secara
seringkali mengalami kendala. Seperti yang telah
terus menerus melakukan pengulangan. saya alami, masalah utama dalam pembelajaran
materi ini adalah bagaimana mempelajari
Kita ketahui bersama bahwa keberhasilan
pembelajaran sebagian besar dipengaruhi oleh kompetensi dasar matematika yang bersifat hafalan
agar tidak membosankan. Selama ini siswa hanya
guru. Pencapaian tujuan pendidikan sebagian besar
ditentukan oleh keberhasilan guru dalam terpaku pada cara menghafal konvensional yang
22