Page 23 - majalah_edukasi_4
P. 23
tidak dikemas dengan menyenangkan, sehingga Strategi ini dikembangkan oleh Spencer
yang terjadi KBM di kelas menjemukan dan Kagen pada tahun 1993 yang mana dalam
menakutkan bagi siswa. strategi ini banyak menitikberatkan pada
pemberdayaan peran pelatih atau pasangan
Berdasarkan pengalaman saya
sebagai pemeriksa hasil kerja bagi partner lainnya.
mengajarkan materi ini, salah satu solusi atau
Dalam pembelajaran yang menggunakan strategi
caranya adalah dengan menggunakan strategi pair
ini ada peran partner dan pelatih, yang akan saling
checks. Pair checks adalah sebuah strategi
bertukar peran dalam setiap kali pertemuan.
pembelajaran kooperatif yang memberdayakan
Pelatih akan memberikan reward jika partner
siswa sebagai partner bagi siswa lainnya yang
menjawab semua soal dengan benar. Model ini
berfungsi sebagai pasangan pemeriksa hasil kerja
menerapkan pembelajaran berkelompok yang
sebelum hasil kerja tersebut diserahkan kepada
menuntut kemandirian dan kemampuan siswa
guru. Dalam strategi ini, guru menghargai
dalam menyelesaikan persoalan yang diberikan.
kemampuan siswa dan memberi peran untuk
Model pembelajaran ini juga untuk melatih rasa
memberikan cek atau koreksi terhadap hasil kerja
sosial siswa, kerja sama dan kemampuan memberi
pasangannya.
penilaian.
Beberapa keunggulan dari penggunaan
Secara sederhana tahapan model
strategi pair checks pada materi mengidentifikasi
pembelajaran pair checks diuraikan sebagai berikut:
berbagai bangun datar sederhana menurut sifat
(1) Guru menjelaskan materi pembelajaran, (2)
dan unsurnya adalah: menarik, bermakna, ada
siswa dibagi beberapa tim. Setiap tim terdiri dari 3
peran tutor sebaya, kompetitif, dan dapat
orang. Dalam satu kali tanding ada 2 pasangan.
mengurangi beban guru. Keunggulan strategi ini
Setiap pasangan dalam satu tim ada yang menjadi
dikarenakan guru dapat meningkatkan peran atau
pelatih dan ada yang partner, (3) guru menyiapkan
memberdayakan siswa lain sebagai partner dalam
6 set kartu QA kepada masing-masing kelompok
mencek/mengoreksi hasil kerja pasangannya, dan
yang akan bertanding, (4) partner menjawab soal ,
hal ini dilakukan secara bergantian.
23