Page 23 - majalah_edukasi_4
P. 23

tidak  dikemas  dengan  menyenangkan,  sehingga           Strategi  ini  dikembangkan  oleh  Spencer

               yang  terjadi  KBM  di  kelas  menjemukan  dan     Kagen  pada tahun    1993  yang  mana  dalam

               menakutkan bagi siswa.                             strategi   ini   banyak   menitikberatkan   pada

                                                                  pemberdayaan  peran  pelatih  atau  pasangan
                       Berdasarkan     pengalaman      saya
                                                                  sebagai pemeriksa hasil kerja bagi partner lainnya.
               mengajarkan  materi  ini,  salah  satu  solusi  atau
                                                                  Dalam  pembelajaran  yang  menggunakan  strategi
               caranya adalah dengan menggunakan strategi pair
                                                                  ini ada peran partner dan pelatih, yang akan saling
               checks.  Pair  checks  adalah  sebuah  strategi
                                                                  bertukar  peran  dalam  setiap  kali    pertemuan.
               pembelajaran  kooperatif  yang  memberdayakan
                                                                  Pelatih  akan  memberikan  reward  jika  partner
               siswa  sebagai  partner  bagi  siswa  lainnya  yang
                                                                  menjawab  semua  soal  dengan  benar.  Model  ini
               berfungsi  sebagai  pasangan  pemeriksa  hasil  kerja
                                                                  menerapkan  pembelajaran  berkelompok  yang
               sebelum  hasil  kerja  tersebut  diserahkan  kepada
                                                                  menuntut  kemandirian  dan  kemampuan  siswa
               guru.    Dalam  strategi  ini,  guru  menghargai
                                                                  dalam  menyelesaikan  persoalan  yang  diberikan.
               kemampuan  siswa  dan  memberi  peran  untuk
                                                                  Model  pembelajaran  ini  juga  untuk  melatih  rasa
               memberikan cek atau koreksi terhadap hasil kerja
                                                                  sosial siswa, kerja sama dan kemampuan memberi
               pasangannya.
                                                                  penilaian.
                       Beberapa  keunggulan  dari  penggunaan
                                                                         Secara   sederhana   tahapan   model
               strategi pair checks  pada materi mengidentifikasi
                                                                  pembelajaran pair checks diuraikan sebagai berikut:
               berbagai  bangun  datar  sederhana  menurut  sifat
                                                                  (1)  Guru  menjelaskan  materi  pembelajaran,  (2)
               dan  unsurnya  adalah:  menarik,  bermakna,  ada
                                                                  siswa dibagi beberapa tim. Setiap tim terdiri dari 3
               peran  tutor  sebaya,  kompetitif,  dan  dapat
                                                                  orang.  Dalam  satu  kali  tanding  ada  2  pasangan.
               mengurangi  beban  guru.  Keunggulan  strategi  ini
                                                                  Setiap pasangan dalam satu tim ada yang menjadi
               dikarenakan guru dapat meningkatkan peran atau

                                                                  pelatih dan ada yang partner, (3) guru menyiapkan
               memberdayakan siswa lain sebagai  partner dalam
                                                                  6  set  kartu  QA  kepada  masing-masing  kelompok
               mencek/mengoreksi  hasil  kerja  pasangannya,  dan
                                                                  yang akan bertanding, (4) partner menjawab soal ,
               hal ini dilakukan secara bergantian.
                                                             23
   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28