Page 24 - majalah_edukasi_4
P. 24

dan  si  pelatih  bertugas  mengecek  jawabannya.         Pada tahap perencanaan peneliti membuat

               Setiap soal yang benar pelatih memberi reward, (5)   soal  pertanyaan  10  pertanyaan  untuk  siklus  I,

               bertukar  peran.  Si  pelatih  menjadi  partner  dan  si   kemudian  membuat  kartu  QA  yang  isinya  berupa

               partner menjadi pelatih, dan terakhir (6) tim yang   pertanyaan   dan   jawaban   seputar   materi


               paling  banyak  mendapat  kupon  diberi  hadiah    mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana
               berupa nilai tambahan.                             menurut sifat dan unsurnya sebanyak 13 pertanyaan


                                                                  dan 13 jawaban dalam 6 set kartu.


                                                                         Tahap   tindakan   dilakukan   dengan

                                                                  membagi  kelas  ke  dalam  12  kelompok,  masing-

                                                                  masing kelompok terdiri dari 3 orang siswa.  Setelah

                                                                  itu  guru  menyiapkan  6  meja  tanding.  Kemudian

                                                                  kartu  QA  disebar  di  atas  meja  yang  diatur

                                                                  sedemikian rupa. Sebelumnya siswa dijelaskan cara

                                                                  bermainnya. Setelah siswa memahami cara bermain

                                                                  dengan  kartu  QA  barulah  tahap  tindakan  siklus  2
                       Gambar  di  atas  menjelaskan  bagaimana
                                                                  dan  siklus  3  dilakukan. Setiap  siswa  yang  berhasil
               model pembelajaran pair checks dilakukan di dalam
                                                                  menjawab diberi reward.
               kelas. Model pembelajaran ini pernah saya lakukan
                                                                         Setelah   peneliti   selesai   melakukan
               di Kelas III SD Al Muslim. Saat itu saya melakukan
                                                                  tindakan pembelajaran kemudian dilakukan refleksi
               penelitian berdua dengan (alm) Tuti Suprihatin, S.S,
                                                                  atas  tindakan  yang  baru  dilaksanakan,  yaitu
               M.Pd.  Penelitian  tindakan  kelas  ini  dilaksanakan
                                                                  pemberian skor dan mengoreksi soal ulangan. Hasil
               dalam  3  siklus  dan  setiap  siklus  meliputi  tahap
                                                                  belajar  siswa  setelah  dikoreksi  pada  siklus  I
               perencanaan,  tindakan,  monitoring  dan  evaluasi,
                                                                  memperoleh  rata-rata  kelas  64,7.  Nilai  ini
               serta tahap refleksi.

                                                                  membuktikan bahwa nilai hasil belajar siswa masih
                                                                  jauh  dari  NKBM.  Untuk  memperbaiki  hal  ini
                                                             24
   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29