Page 25 - majalah_edukasi_4
P. 25

dilakukan  tindakan  sisklus  II  dengan  metode  pair   belajar sebesar 16,4 % pada siklus II dan peningkatan

               checks  menggunakan  kartu  QA.  Hal  yang  sama   sebesar 24 % pada siklus III, sesudah menggunakan

               dilakukan  pada  siklus  II  ini  mengumpulkan  skor   metode pair checks dengan kartu QA.  Hal ini dapat

               kelompok dan mengoreksi hasil belajar siswa pada   diartikan  bahwa  penggunaan  metode  pair  checks


               siklus II, dan diperoleh rata-rata kelas 75,3. Jika kita   dengan kartu QA dapat meningkatkan hasil belajar
               amati nilai rata-rata kelas pada siklus II mengalami   siswa.


               peningkatan tetapi belum signifikan dari NKBM 70.
                                                                         Metode  ini  bisa  digunakan  untuk  mata
               Untuk  memperbaikinya  peneliti  melakukan  tahap
                                                                  pelajaran lain yang sifatnya berupa hafalan seperti
               tindakan siklus III.  Seluruh tahap tindakan siklus III
                                                                  rumpun bahasa dan sosial, sehingga dapat dijadikan
               sama persis dengan tahap tindakan siklus II, hanya
                                                                  penelitian lebih lanjut bagi guru mata pelajaran lain.
               anggota setiap kelompok diacak kembali. Jika kita
                                                                  Penerapan  model  pembelajaran  pair  checks
               melihat tabel pada siklus III memperoleh nilai rata-
                                                                  memberikan  peluang  bagi  guru  untuk  lebih  bisa
               rata kelas  80,2. Hal ini mengalami peningkatan dari
                                                                  berkreasi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas
               siklus II  dan di atas NKBM secara signifikan.
                                                                  sehingga  meningkatakan  motivasi  belajar  siswa

                       Kemudian  kami  menghitung  prosentase     dengan  proses  belajar  yang  menyenangkan.  (Ed:

               peningkatan  hasil  belajar  nilai  rata-rata  kelas,   Mugi).

               berdasarkan  perhitungan  rata-rata  siklus  di  atas

               dapat  disimpulkan  bahwa  ada  peningkatan  hasil














                                                             25
   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30