Page 41 - majalah_edukasi_9
P. 41

Apa kekhususan dari PPK dan apakah tidak membebani pada anggaran
                sekolah?
                Gerakan PPK sebetulnya sudah  diimplementasikan  oleh sekolah-sekolah.  PPK bukanlah
                produk  baru, bukan  mata pelajaran,  bukan  kurikulum baru tetapi merupakan  penguatan
                atau  fokus dari proses pembelajaran  dan sebagai  poros/ruh/jiwa  Pendidikan.  Kekayaan
                pengalaman,  praktik-praktik  baik,  keteladanan  dan perilaku baik  Kepala Sekolah, Guru,
                Orang Tua dalam  keseharian  di sekolah  dan luar sekolah  sebenarnya sudah  sangat  kaya
                dimiliki  sekolah. Sehingga  sekolah  pun sudah terbiasa  membuat program dengan  anggaran
                yang sudah  ada. Namun perlu dikuatkan  dengan pelibatan  publik  dan sumbangsih
                masyarakat  dalam  bentuk  apapun  agar masyarakat  memiliki rasa tanggung  jawab  pada
                institusi  pendidikan.
                Budaya  seperti apa yang ingin  ditumbuhkan  dari program PPK ini?
                Budaya  yang perlu ditumbuhkan  dan menjadi  suatu kebiasaan  dalam  program ini adalah
                Gerakan. Gerakan yang tumbuh  dalam pembiasaan  nilai-nilai  dalam  keseharian di
                sekolah,  keteladanan  Guru yang selalu menjadi hal patut  dicontoh,  Lalu tercipta tradisi  dan
                budaya  sekolah  yang baik , selanjutnya  menjadi  satu aturan sekolah  yang baik.
                Bagaimana  pengaruh   Budaya lokal  terhadap  pembangunan  karakter?
                Budaya  lokal sebagai  bagian  dari kearifan bangsa  yang hidup ditengah-tengah  lingkungan
                masyarakat  Indonesia,  merupakan  referensi utama dari pembentukan  nilai-nilai  luhur
                budaya  bangsa.  Ia merupakan  identitas  dan  kepribadian  luhur bangsa  Indonesia  yang
                harus terus dilindungi,  dikembangkan  dan  diwariskan  kepada  generasi penerus secara
                berkelanjutan.  Oleh karena itu, aktivitas  PPK yang dikenal  dengan  3 (tiga) basis  utama yaitu
                berbasis kelas, berbasis  budaya  sekolah dan  berbasis partisipasi  masyarakat,  sangat
                memperhatikan  kearifan budaya  lokal bangsa  Indonesia  secara kontekstual,  serta dengan
                tetap memperhatikan  keberagaman  wilayah masing-masing.  Sehingga di era globalisasi  ini,
                berbagai  kebudayaan  lokal harus mampu membangun,  mewarnai dan memperkuat
                identitas  dan  karakter bangsa  anak-anak  kita  di sekolah,  keluarga dan  masyarakat,  serta
                mampu tumbuh  dan berkembang  menjadi pemain utama  di kancah global  dan memiliki
                keunggulan  bersaing untuk  tampil  dalam  masyarakat  internasional.
                Bagaimana peran keluarga, lingkungan, teman pergaulan dalam pembangunan
                karakter?
                Lingkungan terdekat anak-anak kita yaitu orang tua dan keluarga, lingkungan
                domisili rumah dan lingkungan pergaulan teman-teman, merupakan lingkungan
                strategis anak-anak kita untuk memperolah pendidikan karakter. Disinilah
                perlunya peran serta aktif lingkungan terdekat anak-anak kita, melalui
                komunikasi dialogis yang intens antar orang tua, keluarga, teman lingkungan
                dengan anak. Adapun Kepala Sekolah dan Guru-guru sebagai salah satu aktor
                utama pendidikan karakter, wajib membangun interaksi dan komunikasi positif
                dengan orang tua untuk memantau perkembangan pendidikan karakter siswa.
                Upaya ini perlu disosialisasikan agar peran penumbuhan dan penyemaian
                karakter baik dapat terus-menerus dilakukan oleh seluruh ekosistem pendidikan
                dan khususnya peran orang tua sebagai pendidik pertama dan utama anak-
                anak kita. Dengan demikian, kebersamaan dan komunikasi yang baik
                merupakan faktor yang mendukung terwujudnya lingkungan keluarga maupun
                lingkungan pergaulan masyarakat yang kondusif dan sehat sebagai bagian dari
                upaya mendukung pembangunan karakter anak-anak.
                Semoga bermanfaat bagi temen-teman guru di kabupaten Bekasi, bersatu kita
                bisa, terima kasih.
                Sumber :
                1.             https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?page_id=733
                2.             Buku panduan  PPK kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
                3.             Foto-Foto  dokumen pribadi SMPN 4 Cikarang  Utara
                                                                                   SAMINGAN, S.Pd. M.Pd
                                                                                 NIP. 196802061998021003
                                                                            Kepala SMPN 1 Ckarang  Selatan
                                                                                    Fasda  PPK Kab. Bekasi
                                                        39
   36   37   38   39   40   41   42   43   44   45   46