Page 41 - majalah_edukasi_9
P. 41
Apa kekhususan dari PPK dan apakah tidak membebani pada anggaran
sekolah?
Gerakan PPK sebetulnya sudah diimplementasikan oleh sekolah-sekolah. PPK bukanlah
produk baru, bukan mata pelajaran, bukan kurikulum baru tetapi merupakan penguatan
atau fokus dari proses pembelajaran dan sebagai poros/ruh/jiwa Pendidikan. Kekayaan
pengalaman, praktik-praktik baik, keteladanan dan perilaku baik Kepala Sekolah, Guru,
Orang Tua dalam keseharian di sekolah dan luar sekolah sebenarnya sudah sangat kaya
dimiliki sekolah. Sehingga sekolah pun sudah terbiasa membuat program dengan anggaran
yang sudah ada. Namun perlu dikuatkan dengan pelibatan publik dan sumbangsih
masyarakat dalam bentuk apapun agar masyarakat memiliki rasa tanggung jawab pada
institusi pendidikan.
Budaya seperti apa yang ingin ditumbuhkan dari program PPK ini?
Budaya yang perlu ditumbuhkan dan menjadi suatu kebiasaan dalam program ini adalah
Gerakan. Gerakan yang tumbuh dalam pembiasaan nilai-nilai dalam keseharian di
sekolah, keteladanan Guru yang selalu menjadi hal patut dicontoh, Lalu tercipta tradisi dan
budaya sekolah yang baik , selanjutnya menjadi satu aturan sekolah yang baik.
Bagaimana pengaruh Budaya lokal terhadap pembangunan karakter?
Budaya lokal sebagai bagian dari kearifan bangsa yang hidup ditengah-tengah lingkungan
masyarakat Indonesia, merupakan referensi utama dari pembentukan nilai-nilai luhur
budaya bangsa. Ia merupakan identitas dan kepribadian luhur bangsa Indonesia yang
harus terus dilindungi, dikembangkan dan diwariskan kepada generasi penerus secara
berkelanjutan. Oleh karena itu, aktivitas PPK yang dikenal dengan 3 (tiga) basis utama yaitu
berbasis kelas, berbasis budaya sekolah dan berbasis partisipasi masyarakat, sangat
memperhatikan kearifan budaya lokal bangsa Indonesia secara kontekstual, serta dengan
tetap memperhatikan keberagaman wilayah masing-masing. Sehingga di era globalisasi ini,
berbagai kebudayaan lokal harus mampu membangun, mewarnai dan memperkuat
identitas dan karakter bangsa anak-anak kita di sekolah, keluarga dan masyarakat, serta
mampu tumbuh dan berkembang menjadi pemain utama di kancah global dan memiliki
keunggulan bersaing untuk tampil dalam masyarakat internasional.
Bagaimana peran keluarga, lingkungan, teman pergaulan dalam pembangunan
karakter?
Lingkungan terdekat anak-anak kita yaitu orang tua dan keluarga, lingkungan
domisili rumah dan lingkungan pergaulan teman-teman, merupakan lingkungan
strategis anak-anak kita untuk memperolah pendidikan karakter. Disinilah
perlunya peran serta aktif lingkungan terdekat anak-anak kita, melalui
komunikasi dialogis yang intens antar orang tua, keluarga, teman lingkungan
dengan anak. Adapun Kepala Sekolah dan Guru-guru sebagai salah satu aktor
utama pendidikan karakter, wajib membangun interaksi dan komunikasi positif
dengan orang tua untuk memantau perkembangan pendidikan karakter siswa.
Upaya ini perlu disosialisasikan agar peran penumbuhan dan penyemaian
karakter baik dapat terus-menerus dilakukan oleh seluruh ekosistem pendidikan
dan khususnya peran orang tua sebagai pendidik pertama dan utama anak-
anak kita. Dengan demikian, kebersamaan dan komunikasi yang baik
merupakan faktor yang mendukung terwujudnya lingkungan keluarga maupun
lingkungan pergaulan masyarakat yang kondusif dan sehat sebagai bagian dari
upaya mendukung pembangunan karakter anak-anak.
Semoga bermanfaat bagi temen-teman guru di kabupaten Bekasi, bersatu kita
bisa, terima kasih.
Sumber :
1. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?page_id=733
2. Buku panduan PPK kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Foto-Foto dokumen pribadi SMPN 4 Cikarang Utara
SAMINGAN, S.Pd. M.Pd
NIP. 196802061998021003
Kepala SMPN 1 Ckarang Selatan
Fasda PPK Kab. Bekasi
39