Page 39 - majalah_edukasi_9
P. 39

Gotong Royong
                Mencerminkan tindakan menghargai semangat kerjasama dan bahu membahu
                menyelesaikan persoalan bersama, menjalin komunikasi dan persahabatan,
                memberi bantuan pertolongan pada orang-orang yang membutuhkan.
                Subnilai gotong royong antara lain menghargai, kerja sama, inklusif, komitmen
                atas keputusan bersama, musyawarah mufakat, tolong-menolong, solidaritas,
                empati, anti diskriminasi, anti kekerasan, d an sikap kerelawanan.

                Contoh :
                Integritas
                Merupakan nilai yang mendasari perilaku yang didasarkan pada upaya
                menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam
                perkataan, tindakan, dan pekerjaan, memiliki komitmen dan kesetiaan pada
                nilai-nilai kemanusiaan dan moral (integritas moral). Karakter integritas meliputi
                sikap tanggung jawab sebagai warga negara, aktif terlibat dalam kehidupan
                sosial, melalui konsistensi tindakan dan perkataan yang berdasarkan kebenaran.
                Subnilai integritas antara lain kejujuran, cinta pada kebenaran, setia, komitmen
                moral, anti korupsi, keadilan, tanggung jawab, keteladanan, dan menghargai
                martabat individu (terutama penyandang disabilitas).


                Bagaimana pendekatan implementasi PPK pada satuan pendidikan?
                PPK diimplementasikan dengan 3 pendekatan sebagai berikut:
                1.PPK berbasis kelas yaitu integrasi nilai-nilai karakter dalam proses
                pembelajaran atau mata pelajaran, pengelolaan kelas dan metode
                pembelajaran, evaluasi pembelajaran/pembimbingan, pengembangan
                kurikulum muatan lokal sesuai karakteristik daerah.
                2.PPK berbasis budaya sekolah yaitu pembiasaan nilai-nilai utama dalam
                keseharian sekolah; keteladanan antar warga sekolah, pelibatan seluruh
                pemangku kepentingan Pendidikan, membangun norma, peraturan, dan tradisi
                sekolah, pengembangan keunikan, keunggulan, dan daya saing sekolah
                sebagai ciri khas sekolah, memberi ruang yang luas kepada siswa untuk
                mengembangkan potensi melalui kegiatan literasi, dan kegiatan ekstrakurikuler.
                3.PPK berbasis masyarakat yaitu memperkuat peranan orang tua dan Komite
                Sekolah, melibatkan dan memberdayakan potensi lingkungan sebagai sumber
                belajar seperti keberadaan dan dukungan pegiat seni dan budaya, tokoh
                masyarakat, alumni, dunia usaha, dan dunia industri; dan sinergi PPK dengan
                berbagai program yang ada dalam lingkup akademisi, pegiat pendidikan,
                lembaga swadaya masyarakat, dan lembaga informasi.


                Bagaimana bentuk realisasi PPK pada kurikulum dan proses pembelajaran di
                sekolah?











                                                     37
   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43   44