Page 9 - majalah_edukasi_1
P. 9

menendang, dan sebagainya. Dengan berbagai cara,     pengalaman saya menjadi guru sekaligus teman bagi
         siswa melakukan perundunganan di atas. Setidaknya,   anak murid saya. Ketika saya tahu latar belakang dan
         kita sebagai guru bisa memberikan konsep dasar       penyebab kenapa anak tersebut seperti itu, maka
         pada siswa yakni :                                   secara mudah kita bisa membantu dan menasihati
             1. Rasa aman/jaminan bahwa sekolah kita aman,    siswa yang bermasalah dengan mudah. Orang tua
         jangan ada orang yang membuat siswa tidak            sebagai partner pendidikan dengan baik bersinergi
         nyaman. Ada berbagai kasus yang terjadi di sekolah,   bersama dengan manajemen, guru, siswa dan staff
         salah satunya adalah kasus kehilangan, perkelahian,   untuk menanggulangi permasalahan perundungan
         pem-bully-an yang akhirnya membawa pada              tersebut. Sedangkan siswa sebagai objek dan pelaku
         terbentukya kelompok mayoritas/minoritas. Untuk      sering menyembunyikan kejadian yang dialami
         menghindari hal tersebut, pihak sekolah harus siap   temannya sendiri. Mereka lebih takut dengan
         memfasilitasi setiap sudut ruangan dan tempat        ancaman sang penguasa kelas/pelaku perundungan
         dengan CCTV. Sekolah mengupayakan pengawasan         dibandingkan dengan membela korban.
         oleh guru melalui guru piket yang bisa mengecek          Selain cara di atas, kegiatan pembelajaran bisa
         kegiatan tiap kelas. Hal tersebut bisa meminimalisir   jadi salah satu solusi mengurangi perundungan di
         kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Selain hal   sekolah, misalnya: brainstorming/diskusi, kegiatan
         tersebut, ketegasan dan penanganan pihak sekolah     menggunakan proyek/LKS, membaca buku cerita
         terkait dengan segala permasalahan siswa harus       yang berhubungan dengan perundungan, membuat
         tepat, tegas dan cepat. Kenapa seperti itu? Ketika   poster anti bullying, bermain drama, atau bahkan
         sebuah permasalahan tidak segera ditangani, maka     meminta siswa membuat lirik lagu anti bullying yang
         akhirnya masalah tersebut tidak terselesaikan/       bisa mereka nyanyikan di kelas.
         tertunda. Jika permasalahan tersebut tidak segera        Pihak sekolah juga mempunyai peran yang
         diselesaikan, kemungkinan akan timbul masalah        sangat penting. Sekolah harus menggiatkan
         yang sama lagi ke depannya tanpa adanya              pengawasan di lingkungan sekolah, baik di tempat
         penanganan yang serius dari pihak sekolah.           bermain, kantin, toilet, dan sebagainya. Bekerja sama
             2. Bicara, membekali kemampuan ini pada anak     dengan orang tua dalam penanggulangan kasus pe-
         sangat penting, sebab mereka akan segera             rundungan juga baik dilakukan. Membangun
         membicarakan hal yang mereka rasakan pada orang      komunikasi dengan orang tua sangat penting, hal ini
         yang mereka percayai. Banyak siswa yang mengalami    dipermudah dengan kemajuan media sosial yang
         ketakutan untuk berbicara dan terbuka kepada         bisa secara cepat melaporkan kejadian yang dialami
         teman atau guru tentang masalah yang mereka          anak-anaknya. Hal itu juga tidak terlepas pada
         hadapi. Salah satu kendalanya yakni takut dibilang   perhatian orang tua untuk selalu mengontrol
         “cepu”. Kemampuan berbicara ini sangatlah penting    kegiatan anak- anaknya setiap hari. Orang tua bisa
         guna melatih keberanian mereka berbicara, sehingga   dengan cepat menginformasikan kejadian yang
         mereka yang pernah di-bully bisa melawan rasa takut   menimpa anaknya tersebut. Guru juga tidak bisa
         mereka sendiri.                                      menutup mata. Anak-anak yang sering dibuat bahan
             3. Mengenali siswa dengan baik, yakni dengan     bercanda jangan dibiarkan begitu saja , akan tetapi
         menjalin komunikasi yang baik antara guru, siswa     sebagai guru dan temen dia harus bisa membangun
         dan orang tua, sehingga guru akan tahu jikalau siswa   komunikasi yang baik dengan siswa tersebut agar
         mempunya latar belakang masalah di dalam maupun      anak nyaman. Dia perlu mendapat keyakinan diri dan
         di luar sekolah. Tidak sedikit orang ataupun guru    berusaha kuat karena ada guru yang menguatkan
         menganggap seorang anak yang notabene dicap se-      mereka.
         bagai anak nakal dan selalu membuat kegaduhan, dia       Dari semua kegiatan serta pelaksanaan program
         yang selalu bisa disalahkan. Atau sebaliknya anak    anti bullying di atas, diharapkan sekolah menjadi
         anak yang pendiam dan seringkali di-bully memang     tempat yang paling aman bagi anak serta tidak akan
         anak yang kurang pergaulan dan tidak populer.        ada lagi kasus perundungan. (Ed: SMR)
         Peryataan di atas bisa dibantahkan jika kita bisa
         mengenal betul latar belakang anak tersebut,
         sehingga anak tersebut tidak salah dalam
         penanganannya.
             Hal tersebut bisa saya buktikan dengan










                                                                               Edisi April 2018                              |  9
   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14