Page 5 - majalah_edukasi_1
P. 5
terdapat dalam berbagai ayat dalam al qur'an di an- bagaimana prinsip literasi yaitu melibatkan inter-
taranya QS: Al Alaq: 96 ayat 1-5, Qs Ali Imran/3 ayat pretasi, kolaborasi, konversi, pengetahuan kultural,
113, Qs al A'raf /7 ayat 204, Qs al Anfal/8 ayat 2 dan pemecahan masalah, refleksi diri dan melibatkan
31, Qs an Nahl/16 ayat 98, Qs al Isra/17 ayat 45,46 penggunaan bahasa. Memahami makna baca dan
dan 1017, Qs Maryam/19 ayat 58, Qs al Hajj/22 ayat tulis sesuai perintah Allah, akan melahirkan kualitas
72, Qs an Naml/27 ayat 92, Qs al Ankabut/29 ayat 45, tulisan dan bacaan yang semakin baik dalam dunia
Qs Luqman/31 ayat 7, Qs Fathir/35 ayat 29, Qs as literasi. Perintah membaca dan menulis dibalik peri-
Shaffat/37 ayat 3 dan 37 dan Qs al Qalam/68 ayat 1. stiwa nuzulul quran pun bukan hanya sekedar
Surat al Alaq ayat 1-5 merupakan salah satu su- mengambil dan melahirkan bacaan. Namun me-
rat terkait literasi yang menjelaskan bahwa budaya mahami objek bacaan yang begitu luas dengan ka-
baca tulis sangat berpengaruh terhadap peradaban camata seorang muslim yaitu bacaan bismirabbika.
dan terhadap kesadaran serta tingkah laku umat Bacaan yang akan membawa kemashlahatan bagi
Islam. Motivasi yang diunculkan dari ayat ayat umat, hingga budaya literasi dapat berkembang
alquran tidak lain sebagai embrio lahirnya intel- sesuai zaman dan juga turut melahirkan harapan
ektualitas dalam Islam. Menurut Ibnu Khaldun akan semakin melahirkan harapan akan semakin
dengan berbudaya baca tulis akan memungkinkan meningkatnya sebuah peradaban.
seseorang untuk bisa mengakses informasi yang Penalaran dan perintah berpikir juga termaktub
lebih luas dan mendalam, selain juga bisa memban- dalam alquran dengan ayat ayat yang mengisyarat-
tu mengutarakan maksud seseorang dengan lebih kan hal tersebut, seperti pemakaian kata ulul albab
detail. Dalam tafsir al Maraghi (Lihat Maktabah Sya- "orang orang yang berpikir" dalam surat Ali Imran
milah, Juz.30, hlm 197) disebutkan bahwa al Qur'an ayat , ar Ra'du ayat 19 dan Ibrahim ayat 52.
telah merubah suatu bangsa yang sangat mulia Setelah proses membaca dan menalar atau ber-
dengan perantaran keutamaan kalam. pikir , Allah SWT memerintahkan manusia untuk
Perintah membaca yang ada pada ayat pertama menulis. Isyarat mengenai menulis diungkapkan
dan ketiga al Alaq tidak hanya menghendaki mem- dalam surat al Alaq ayat tiga yang berbunyi "Yang
baca kalam Allah berupa Alquran, bukan hanya mengajar (manusia) dengan perantaraan qalam
membaca kalimat yang tersusun dalam sebuah (pena). Bahkan Allah SWT bersumpah "Nun, demi
bacaan. Allah menghendaki Dia dan umatnya mem- qalam (pena) dan apa yang mereka tulis". Hal ini ju-
baca. Membaca yang dilandasi dengan kalimat ga mengisyaratkan pentingnya kegiatan menulis.
'bismi rabbika', sehingga membawa manfaat dan Manfaat literasi terlihat dengan terdokumenta-
kemashlahatan serta terpilih pula bacaan yang baik sinya wahyu dalam bentuk teks tertulis. Hal tersebut
atau tidak baik. Dengan demikian membaca berarti menjadi bahan kajian generasi Islam pada masa
memahami, meneliti, menghayati, mendalami, dan mendatang. Selain itu manfaat literasipun terlihat
mengetahui, hingga objek bacaan tersebut tidak dengan diterbitkan berbagai buku ilmu penge-
hanya terbatas pada tulisan saja, melainkan juga tahuan termasuk pengetahuan tentang Islam.
membaca ' ayat ayat' Allah yang ada di sekitar kita.
Hal ini sejalan dengan makna literasi yang
menghendaki kemampuan yang kompleks, se-
Edisi April 2018 | 5