Page 26 - majalah_edukasi_2
P. 26

MELITERASIKAN SMANDA
                                                  Oleh: Lily Priyani



          Sebanyak lebih kurang 1.009 peserta didik          seperti mengirimkan tulisan untuk majalah
       yang terdiri dari siswa kelas X, XI, dan XII          dinding, mengisi kolom di laman sekolah/
       IPA dan IPS mengikuti kegiatan Gerakan                website. Berikutnya Ibu Dra. Edah Jubaedah
       Literasi Sekolah di SMA Negeri 2 Cikarang             selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan
       Utara pada Kamis, 2 Agustus 2018. Ini                 menyampaikan beberapa pengumuman
       merupakan kegiatan literasi pembuka di tahun          diantaranya kebijakan sekolah yang tidak
       ajaran baru 2018-2019. Memang sejak dua               menganjurkan siswa untuk membawa
       tahun ini, SMAN 2 Cikarang Utara sudah                kendaraan bermotor ke sekolah dan diharapkan

       mencanangkan Gerakan Literasi Sekolah                 seluruh siswa bisa mengantisipasinya.
       yang meliputi beberapa komponen kegiatan                 Tibalah saatnya readathon atau kegiatan
       diantaranya readathon, kegiatan membaca dan           membaca senyap bersama-sama. Seluruh
       memahami ilmu keagamaan melalui kegiatan              peserta, baik guru-guru (Pak Manda Trisudana,
       literasi di setiap awal kegiatan belajar mengajar     Pak Saptu, Pak Munabbi Riasah, Pak Sukanta,
       (misalnya membaca kitab suci dan buku                 Pak Wildan, Pak Hendryan, Bu Edah Jubaedah,
       keagaaman); kegiatan membaca buku-buku                Bu Pelita, Bu Misni, Bu Lili, Bu Nurwidhiastuti,
       nonpelajaran selama lima belas menit setelah          Bu Dian Kusumawardhani, Bu Fikri, Bu Feri/
       istirahat jam pertama (pukul 10.00–10.15)             Fey, Bu Desti, Bu Mytha, Bu Putri Sidqiyah,
       dirangkai dengan pengisian Jurnal Literasi            Bu Ernawati, dan Bu Lia Mutiara) maupun
       Siswa yang memuat  sinopsis hasil baca per hari;      siswa larut dalam buku bacaan yang sudah
       pengadaaan pojok baca kelas; membuat kreasi           mereka siapkan.  Selama lima belas menit

       pohon literasi kelas;  memfasilitasi tulisan guru     mereka membaca dalam hati lembar demi
       dan siswa,  dan  pembuatan majalah dinding.           lembar buku. Selanjutnya beberapa peserta
          Kegiatan literasi pagi ini dimulai pukul           tampil mempresentasikan hasil bacaan mereka.
       07.00  WIB dengan readathon. Seluruh                  Dimulai dari ananda Fajar (kelas XII IPS-2)
       siswa berkumpul memenuhi lapangan dan                 yang memaparkan isi buku “Psst... 5 Sahabat,
       mengambil posisi duduk per kelas. Ibu Lili            5 Negara, 5 Rahasia”, dilanjutkan oleh Annisa
       Priyani, selaku Ketua Tim Penggerak Literasi          Uzzahron (kelas XI IPA-1), dan Syaiful Bachri
       mengawali kegiatan sembari membakar                   (kelas X IPA-2). Ketiga siswa yang berani

       semangat peserta readathon dengan yel-yel/            memaparkan ringkasan buku diberikan hadiah.
       pekik semangat SMANDA dan Salam Literasi.                Memang  untuk readathon kali ini, ibu-
       Selanjutnya, pengarahan dari Kepala SMAN              ibu guru memberikan perhatian dengan
       2 Cikarang Utara, Bapak Manda Trisudana,              menyiapkan hadiah berupa buku, alat tulis,
       M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan              celengan, dan kaos. Reward/hadiah adalah
       literasi merupakan salah satu upaya  untuk            sesuatu yang perlu juga diberikan ketika peserta
       meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia,           didik/siswa  sudah mencapai/melampaui
       khususnya siswa SMAN 2 Cikarang Utara.                kompetensi  tertentu atau  mampu meraih
       Melalui kegiatan membaca diharapkan                   prestasi  sebagai penyemangat.
       prestasi belajar siswa akan lebih baik dan
       lebih bersemangat untuk meraih cita-cita.
       Selanjutnya, beliau berharap agar setelah

       melakukan aktivitas membaca bisa dilanjutkan
       dengan mengasah keterampilan menulis
       melalui berbagai kegiatan berlatih menulis

   26
   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31