Page 45 - majalah_edukasi_7
P. 45

OPINI                                            menggali pemikirannya di lapangan dalam
                                                                mengejawantahkan  kebijakan  tersebut.

                                                                Tahun  2020,  USBN  akan  diganti  dengan

                                                                ujian  (asesmen)  yang  diselenggarakan
                     Merdeka Belajar di Mata Guru
                                                                hanya  oleh  sekolah.  Ujian  untuk  menilai

                                                                kompetensi  siswa  dapat  dilakukan  dalam
                       Sejak digulirkan kebijakan Menteri       bentuk  tes  tertulis  dan/atau  bentuk
               Pendidikan  yang  baru,  Pak  Nadiem             penilaian  lain  yang  lebih  komprehensif,

               Makarim yaitu Merdeka Belajar, guru harus        seperti  portofolio  dan  penugasan  seperti
               menyikapi dengan arif. Empat program itu         tugas  kelompok,  karya  tulis,  dan  lain
               sebagai  kebijakan  pendidikan  nasional         sebagainya. Berarti guru dan sekolah lebih

               "Merdeka Belajar" yang meliputi : pertama,       merdeka dalam menilai hasil belajar siswa.
               tahun  2020  USBN  akan  diganti  dengan         Ada  sisi  baik  anggaran  USBN  dapat

               ujian  (asesmen)  yang  diselenggarakan          dialihkan     untuk      mengembangkan
               hanya oleh sekolah. Ujian dilakukan untuk        kapasitas   guru    dan   sekolah    guna
               menilai  kompetensi  siswa,  dalam  bentuk       meningkatkan kualitas pembelajaran.

               tes tertulis dan atau bentuk penilaian lain
                                                                       Tentu  guru  harus  meningkatkan
               yang lebih komprehensif. Kedua, UN tahun
                                                                kemampuan        dalam     merencanakan
               ini  akan  dilaksanakan  terakhir  kalinya.
                                                                penilaian,    menguasai      teknik-teknik
               Sebagai  penggantinya,  pada  2021,  UN
                                                                penilaian,    kemampuan         menyusun
               diubah  menjadi  Asesmen  Kompetensi
                                                                portofolio,  dan  kemampuan  membuat
               Minimum  dan  Survei  Karakter.  Ketiga,
                                                                karya  tulis.  Banyak  guru  dan  kepala
               RPP       dipersingkat    berisi    tujuan
                                                                sekolah yang tak siap dan belum memiliki
               pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan
                                                                kompetensi  untuk  menciptakan  penilaian
               asesmen, sehingga RPP hanya 1 halaman
                                                                sendiri. Sering kritik terlontar kepada guru
               saja.  Keempat,  zonasi  PPDB  lebih
                                                                yang     mengatakan       hal    tersebut.
               fleksibel     untuk       mengakomodasi
                                                                Seharusnya     tak   ada    orang    yang
               ketimpangan  akses  dan  kualitas  di
                                                                meremehkan  kemampuan  seorang  guru
               berbagai  daerah.  Komposisi  PPDB  jalur
                                                                karena  menjadi  guru  adalah  tugas  yang
               zonasi dapat menerima siswa minimal 50
                                                                sulit.
               persen,  jalur  afirmasi  minimal  15  persen,
               dan jalur perpindahan maksimal 5 persen.                Selama ini guru dalam menilai tetap
                                                                berprinsip pada sahih, objektif, transparan,
                       Walau  yang  kontra  menyatakan
                                                                adil,         terpadu,         sistematis,
               blueprint,  namun  keempat  kebijakan
                                                                berkesinambungan,       akuntabel,    dan
               tersebut   yang    menyentuh     langsung
                                                                beracuan  kriteria.  Penilaian  hasil  belajar
               dengan aktivitas guru ada tiga. Guru perlu

               45 | M a j a l a h   E d u k a s i   E d i s i   7   –   M a r e t   2 0 2 0
   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49   50