Page 43 - majalah_edukasi_7
P. 43
OPINI
MENGAPA SISWA TAK BETAH DI KELAS?
Endah Lastiany, S.Pd
Banyak guru yang mengeluh, siswa Picture and Picture, Numbered Head Together,
sekarang susah diatur, semaunya, seenaknya. Cooperative Script, Kepala bernomor Struktur,
Mereka sering meninggalkan kelas saat Tim Kelompok Prestasi, Jigsaw, Problem Based
pelajaran berlangsung. Terkadang merek Introduction, Artkulasi, dan Mindmapping.
tertidur di kelas saat guru menerangkan. Guru yang menyesuaikan dengan materi ajar
Bahkan mungkin ada yang mencuri-curi dan tujuan yang akan dicapainya.
kesempatan menggunakan gawainya. Ada juga
Sudah pahamkah kita selaku guru,
yang alasan ijin ke toilet dan tidak kembali lagi
dengan kondisi siswa saat itu? Kita akan paham
ke kelas. Fenome ini sepering terjadi dan
kondisi mereka dengan menyapanya.
membudaya di sekolah-sekolah.
Perhatian sekecil apapun mereka akan
Ada apa sebenarnya? Siapakah yang menerimanya dengan senang hati. Ini akan
harus disalahkan dalam hal ini? Gurukah? Atau merubah suasana hati mereka. Mungkin
Siswa? Tentunya, kita yang berprofesi sebagai sebelum ke sekolah mereka dimarahi orang
guru tidak mau mentah-mentah tuanya, atau mereka sedang kecewa dengan
dipersalahkan. Begitu juga tentunya dengan keadaan orang tuanya yang selalu terlibat
siswa. Yang jelas, ada sesuatu yang salah dalam percekcokan. Suasana mereka yang
hal ini, dan harus dibenahi. sebelumnya murung, sedih, atau bahkan
kecewa, mungkin akan berubah karena
Baiklah, mungkin kita mulai dari sisi
mereka merasa diperhatikan.
guru. Sudah efektifkah kita mengajar?
Kurikulum 2013 menyediakan berbagai Lalu, sudahkah kita introspeksi diri,
alternatif model pembelajaran. Ketiga model tepat waktukah saat kita masuk ke kelas?
tersebut adalah: model Pembelajaran Berbasis Mungkin bila ada pergeseran sekitar 5 menit,
Masalah (Problem Based Learning), model masih bisa ditoleransi bila perpindahan jam
Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based pelajaran. Lain halnya bila jam pertama
Learning), dan model Pembelajaran Melalui ataupun setelah istirahat, guru berlama-lama
Penyingkapan/Penemuan (Discovery/Inquiry di kantor hanya untuk urusan pribadi seperti :
Learning). Disamping model pembelajaran di makan. Kebiasaan ini akan dicatat oleh siswa,
atas dapat juga dikembangkan model maka jangan salahkan bila mereka berkeliaran
pembelajaran Production Based Education di saat itu. Secara tidak sadar, kita sudah
(PBE) sesuai dengan karakteristik pendidikan mengambil hak mereka.
menengah kejuruan. Sudahkah kita terapkan di
Kepiawaian seorang guru dalam
kelas?
menciptakan suasana yang mendukung,
Bila cara mengajar kita tidak monoton materi yang menarik, dan interaksi yang
dan memiliki kreatifitas, tentu siswa tidak akan hangat mempengaruhi seberapa lama siswa
jenuh. Tetapi bila kita mengajar dengan pola akan betah di kelas. Mari Bapak Ibu guru,
yang sama, seperti: ceramah, mencatat, perbaikilah kesalahan-kesalahan yang pernah
mengerjakan soal, tentu anakpun akan bosan. kita lakukan. Jadikanlah kita sebagai sahabat
Dalam Kurikulum 2013 berbagai metode sudah siswa, seperti yang dicanangkan dalam Sekolah
dikenalkan, seperti : Examples non Examples, Ramah Anak. Hadirkan hati kita saat
berinteraksi dengan mereka, karena dari hati
pasti akan sampai ke hati juga.
43 | M a j a l a h E d u k a s i E d i s i 7 – M a r e t 2 0 2 0