Page 43 - majalah_edukasi_7
P. 43

OPINI
                                         MENGAPA SISWA TAK BETAH DI KELAS?
                                                   Endah Lastiany, S.Pd


                       Banyak  guru  yang  mengeluh,  siswa     Picture and Picture, Numbered Head Together,
               sekarang susah diatur, semaunya, seenaknya.      Cooperative Script, Kepala bernomor Struktur,
               Mereka  sering  meninggalkan  kelas  saat        Tim Kelompok Prestasi, Jigsaw, Problem Based
               pelajaran  berlangsung.  Terkadang  merek        Introduction,  Artkulasi,  dan  Mindmapping.
               tertidur  di  kelas  saat  guru  menerangkan.    Guru yang menyesuaikan dengan materi ajar
               Bahkan  mungkin  ada  yang  mencuri-curi         dan tujuan yang akan dicapainya.
               kesempatan menggunakan gawainya. Ada juga
                                                                       Sudah  pahamkah  kita  selaku  guru,
               yang alasan ijin ke toilet dan tidak kembali lagi
                                                                dengan kondisi siswa saat itu? Kita akan paham
               ke  kelas.  Fenome  ini  sepering  terjadi  dan
                                                                kondisi   mereka    dengan    menyapanya.
               membudaya di sekolah-sekolah.
                                                                Perhatian  sekecil  apapun  mereka  akan
                       Ada  apa  sebenarnya?  Siapakah  yang    menerimanya  dengan  senang  hati.  Ini  akan
               harus disalahkan dalam hal ini? Gurukah? Atau    merubah  suasana  hati  mereka.  Mungkin
               Siswa? Tentunya, kita yang berprofesi sebagai    sebelum  ke  sekolah  mereka  dimarahi  orang
               guru     tidak     mau     mentah-mentah         tuanya,  atau  mereka  sedang  kecewa  dengan
               dipersalahkan.  Begitu  juga  tentunya  dengan   keadaan  orang  tuanya  yang  selalu  terlibat
               siswa. Yang jelas, ada sesuatu yang salah dalam   percekcokan.   Suasana    mereka    yang
               hal ini, dan harus dibenahi.                     sebelumnya  murung,  sedih,  atau  bahkan
                                                                kecewa,  mungkin  akan  berubah  karena
                       Baiklah,  mungkin  kita  mulai  dari  sisi
                                                                mereka merasa diperhatikan.
               guru.  Sudah  efektifkah  kita  mengajar?
               Kurikulum  2013  menyediakan  berbagai                  Lalu,  sudahkah  kita  introspeksi  diri,
               alternatif  model  pembelajaran.  Ketiga  model   tepat  waktukah  saat  kita  masuk  ke  kelas?
               tersebut adalah: model Pembelajaran Berbasis     Mungkin bila ada pergeseran sekitar 5 menit,
               Masalah  (Problem  Based  Learning),  model      masih  bisa  ditoleransi  bila  perpindahan  jam
               Pembelajaran  Berbasis  Projek  (Project  Based   pelajaran.  Lain  halnya  bila  jam  pertama
               Learning),  dan  model  Pembelajaran  Melalui    ataupun setelah istirahat, guru berlama-lama
               Penyingkapan/Penemuan  (Discovery/Inquiry        di kantor hanya untuk urusan pribadi seperti :
               Learning).  Disamping  model  pembelajaran  di   makan. Kebiasaan ini akan dicatat oleh siswa,
               atas  dapat  juga  dikembangkan  model           maka jangan salahkan bila mereka berkeliaran
               pembelajaran  Production  Based  Education       di  saat  itu.  Secara  tidak  sadar,  kita  sudah
               (PBE)  sesuai  dengan  karakteristik  pendidikan   mengambil hak mereka.
               menengah kejuruan. Sudahkah kita terapkan di
                                                                       Kepiawaian  seorang  guru  dalam
               kelas?
                                                                menciptakan  suasana  yang  mendukung,
                       Bila cara mengajar kita tidak monoton    materi  yang  menarik,  dan  interaksi  yang
               dan memiliki kreatifitas, tentu siswa tidak akan   hangat  mempengaruhi    seberapa  lama  siswa
               jenuh. Tetapi bila kita mengajar dengan pola     akan  betah  di  kelas.  Mari  Bapak  Ibu  guru,
               yang  sama,  seperti:    ceramah,  mencatat,     perbaikilah kesalahan-kesalahan yang pernah
               mengerjakan soal, tentu anakpun akan bosan.      kita  lakukan.  Jadikanlah  kita  sebagai  sahabat
               Dalam Kurikulum 2013 berbagai metode sudah       siswa, seperti yang dicanangkan dalam Sekolah
               dikenalkan, seperti : Examples non Examples,     Ramah  Anak.  Hadirkan  hati  kita  saat
                                                                berinteraksi dengan mereka, karena dari hati

                                                                pasti akan sampai ke hati juga.

               43 | M a j a l a h   E d u k a s i   E d i s i   7   –   M a r e t   2 0 2 0
   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48