Page 47 - majalah_edukasi_7
P. 47

berkonsentrasi  karena  datang  dengan           secara aktif yang melibatkan keterampilan
               kondisi  kurang  persiapan.  Punya  tingkat      terintegrasi    dengan      menggunakan

               aktivitas  terlalu  tinggi  karena  terbiasa     masalah dalam konteks nyata.
               tinggal  dalam  kepadatan,  atau  tidak
                                                                       Pendidik  menyadari  setiap  anak
               berisiko melakukan perundungan. Sebab,
                                                                yang      dilahirkan    pasti     memiliki
               dibesarkan     dengan     ancaman     dan
                                                                keistimewaan  yang  berbeda-beda  satu
               hukuman      berlebihan.      Kemiskinan,
                                                                dengan yang lainnya. Disinilah kita sebagai
               kegagalan keluarga, adalah masalah yang
                                                                pendidik  harus  mampu  menjadi  teman
               sangat     besar    dan     membutuhkan
                                                                belajar  yang  menyenangkan  agar  proses
               pendidikan  di  segala  bidang.  Semuanya
                                                                belajar  peserta  didik  benar-benar  atas
               dibebankan  ke  guru  di  sekolah  dengan
                                                                kesadaraan  sendiri  dan  merdeka  atas
               harapan  situasi  kelak  akan  berubah.
                                                                pilihannya.  Diperlukan  waktu  yang  cukup
               Mengatakan  guru  adalah  kunci,  itu  sama
                                                                serta kesabaran dalam memfasilitasi, agar
               saja dengan mengalihkan tanggung jawab
                                                                peserta  didik  mampu  untuk  mengenali
               dan    menjebak     guru   untuk    gagal.
                                                                potensinya.  Karena  bakat  peserta  bisa
               Sementara sarana untuk mengembangkan
                                                                tumbuh  ketika  individu  sudah  memiliki
               kreatif dan inovatif guru kurang didukung.
                                                                minat  dan  mau  berlatih  untuk  mengasah
                       Merdeka     belajar   dan     guru       keterampilannya.     Dalam     mengawali

               penggerak  bukanlah  sesuatu  yang  baru         proses belajar, pendidik juga perlu memiliki
               dalam dunia pembelajaran. Namun dengan           kemampuan mendengar yang baik. Tidak
               diluncurkan program “Merdeka Belajar dan         hanya  sekedar  mentransfer  pengetahuan

               Guru  Penggerak”  dalam  pidato  Menteri         dan mendikte peserta didik atas kehendak
               Pendidikan  di  HGN  2019,  guru  menanti        pendidik.

               regulasi  yang  menunjang  pengembangan
                                                                       Kegagalan     atau    keberhasilan,
               kreatif dan inovatif. Strategi pembelajaran
                                                                kemampuan atau ketidakmampuan dilihat
               yang  memerdekakan,  menekankan  pada
                                                                sebagai  interpretasi  yang  berbeda  yang
               penggunaan        pengetahuan      secara
                                                                perlu  dihargai.  Kebebasan  dipandang
               bermakna dan proses pembelajaran lebih
                                                                sebagai  penentu  keberhasilan  belajar.
               banyak     diarahkan    untuk    meladeni
                                                                Peserta didik adalah subjek, bukan objek.
               pertanyaan    atau    pandangan     siswa.
                                                                Mereka  harus  mampu  menggunakan
               Aktivitas  belajar  lebih  menekankan  pada
                                                                kebebasan  untuk  melakukan  pengaturan
               keterampilan    berfikir   kritis,   analisis,
                                                                diri dalam belajar. Hal yang sangat penting
               membandingkan,                generalisasi,
                                                                bagi  pembelajaran  yang  memerdekakan
               memprediksi,         dan        menyusun
                                                                individu  dimana  kontrol  belajar  dipegang
               hipotesis.    Pelaksanaan  evaluasi  dalam
                                                                oleh  diri  peserta  didik,  bukan  orang  lain.
               pembelajaran      yang     memerdekakan
                                                                Setidaknya,  praktek  pembelajaran  yang
               penekanan  proses  penyusunan  makna
                                                                memerdekakan  si  pembelajar  dihasilkan

               47 | M a j a l a h   E d u k a s i   E d i s i   7   –   M a r e t   2 0 2 0
   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51