Page 46 - majalah_edukasi_7
P. 46
dikemas dengan menggunakan berbagai Adanya KKM menjadikan guru terbelenggu
teknik penilaian sesuai dengan kompetensi sehingga mengejar terkuasainya
dasar yang harus dikuasai. Ditinjau dari kompetensi. Guru mendapat beban jika
tekniknya, penilaian dibagi menjadi dua terlalu kecil KKM akan mempersulit peserta
yaitu pertama dengan tes yang biasa didik bersaing dengan sekolah lain ketika
dilakukan guru dengan teknik tes tertulis, melanjutkan. Program merdeka belajar ini
tes lisan dan tes praktik/perbuatan. dilahirkan dari banyaknya keluhan sistem
Sedangkan non tes biasanya guru pendidikan. Salah satunya keluhan soal
melakukan penilaian untuk memperoleh banyaknya peserta didik yang dipatok oleh
gambaran terutama mengenai nilai-nilai tertentu.
karakteristik, sikap, atau kepribadian.
Perspektif merdeka itu sendiri,
Merdeka belajar adalah bukan sekadar kepatuhan atau sebaliknya
kemerdekaan berpikir, terutama esensi perlawanan. Merdeka adalah sesuatu yang
kemerdekaan berpikir ini harus ada di guru diperjuangkan, bukan diberikan. Makanya,
dahulu. Tanpa terjadi di guru, akan kenyataan yang paling memprihatinkan
mustahil bisa terjadi di peserta didik. Tentu dari pengembangan guru, dewasa ini
guru berperan penting dalam pendidikan, adalah titik di mana seringkali membuat
namun tuntutan akan besarnya peran guru merasa disalahkan. Justru bukan
(secara spesifik tingginya kompetensi) didengarkan. Yang terjadi dalam
tidak akan tercapai saat guru tidak memiliki pengembangan guru saat ini,
hal yang asasi: yaitu kemerdekaan. Guru kemerdekaan seringkali dibungkam
berupaya menciptakan suasana belajar dengan tunjangan atau tekanan.
yang bahagia dan suasana yang enjoy. Pendidikan menjadi proses yang penuh
Merdeka belajar memfasilitasi agar para dengan kontrol, bukan dengan
guru, peserta didik, serta orang tua bisa
pemberdayaan, apalagi pelaksanaannya
mendapat suasana yang bahagia.
tak konsisten. Di banyak negara,
Merdeka belajar itu bahwa proses
memasuki profesi guru adalah proses
pendidikan harus menciptakan suasana-
yang sangat selektif untuk orang-orang
suasana yang membahagiakan.
pilihan. Namun menjalaninya didukung
Dengan diluncurkan perubahan dengan banyak kemerdekaan dan
RPP dipersingkat satu halaman belum kemudahan. Di negeri kita sebaliknya,
sepenuhnya menjadi merdeka menjadi guru seringkali mudah, namun
keadministrasian guru. Guru masih batasan dan tekanan di dalam profesinya
terbebankan dengan Kriteria Ketuntasan sangat menantang.
Minimal (KKM) yang tidak sejalan dengan
Guru di kelas harus berhadapan
dihapuskan UN dan USBN sebagai
dengan anak yang tidak siap
patokan menilai kompetensi lulusan.
46 | M a j a l a h E d u k a s i E d i s i 7 – M a r e t 2 0 2 0