Page 46 - majalah_edukasi_7
P. 46

dikemas  dengan  menggunakan  berbagai           Adanya KKM menjadikan guru terbelenggu
               teknik penilaian sesuai dengan kompetensi        sehingga       mengejar      terkuasainya

               dasar  yang  harus  dikuasai.  Ditinjau  dari    kompetensi.  Guru  mendapat  beban  jika
               tekniknya,  penilaian  dibagi  menjadi  dua      terlalu kecil KKM akan mempersulit peserta

               yaitu  pertama  dengan  tes  yang  biasa         didik bersaing dengan sekolah lain ketika
               dilakukan  guru  dengan  teknik  tes  tertulis,   melanjutkan. Program merdeka belajar ini
               tes  lisan  dan  tes  praktik/perbuatan.         dilahirkan dari banyaknya keluhan sistem

               Sedangkan  non  tes  biasanya  guru              pendidikan.  Salah  satunya  keluhan  soal
               melakukan  penilaian  untuk  memperoleh          banyaknya peserta didik yang dipatok oleh
               gambaran         terutama       mengenai         nilai-nilai tertentu.

               karakteristik, sikap, atau kepribadian.
                                                                       Perspektif  merdeka  itu  sendiri,
                       Merdeka       belajar      adalah        bukan sekadar kepatuhan atau sebaliknya

               kemerdekaan  berpikir,  terutama  esensi         perlawanan. Merdeka adalah sesuatu yang
               kemerdekaan berpikir ini harus ada di guru       diperjuangkan, bukan diberikan.  Makanya,
               dahulu.  Tanpa  terjadi  di  guru,  akan         kenyataan  yang  paling  memprihatinkan

               mustahil bisa terjadi di peserta didik. Tentu    dari  pengembangan  guru,  dewasa  ini
               guru  berperan  penting  dalam  pendidikan,      adalah  titik  di  mana  seringkali  membuat
               namun  tuntutan  akan  besarnya  peran           guru  merasa  disalahkan.  Justru  bukan

               (secara  spesifik  tingginya  kompetensi)        didengarkan.    Yang      terjadi   dalam
               tidak akan tercapai saat guru tidak memiliki     pengembangan         guru     saat     ini,
               hal yang asasi:  yaitu kemerdekaan. Guru         kemerdekaan      seringkali   dibungkam

               berupaya  menciptakan  suasana  belajar          dengan     tunjangan     atau    tekanan.
               yang  bahagia  dan  suasana  yang  enjoy.        Pendidikan menjadi proses yang penuh

               Merdeka  belajar  memfasilitasi  agar  para      dengan      kontrol,    bukan     dengan
               guru,  peserta  didik,  serta  orang  tua  bisa
                                                                pemberdayaan, apalagi pelaksanaannya
               mendapat      suasana    yang     bahagia.
                                                                tak  konsisten.    Di  banyak  negara,
               Merdeka  belajar  itu  bahwa  proses
                                                                memasuki  profesi  guru  adalah  proses
               pendidikan    harus  menciptakan  suasana-
                                                                yang  sangat  selektif  untuk  orang-orang
               suasana yang membahagiakan.
                                                                pilihan.  Namun  menjalaninya  didukung
                       Dengan  diluncurkan  perubahan           dengan  banyak  kemerdekaan  dan
               RPP  dipersingkat  satu  halaman  belum          kemudahan.  Di  negeri  kita  sebaliknya,

               sepenuhnya         menjadi       merdeka         menjadi  guru  seringkali  mudah,  namun
               keadministrasian    guru.   Guru    masih        batasan dan tekanan di dalam profesinya
               terbebankan  dengan  Kriteria  Ketuntasan        sangat menantang.

               Minimal (KKM) yang tidak sejalan dengan
                                                                       Guru  di  kelas  harus  berhadapan
               dihapuskan  UN  dan  USBN  sebagai
                                                                dengan     anak     yang     tidak    siap
               patokan  menilai  kompetensi  lulusan.

               46 | M a j a l a h   E d u k a s i   E d i s i   7   –   M a r e t   2 0 2 0
   41   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51