Page 5 - majalah_edukasi_3
P. 5

RESENSI BUKU:

                                       PENGUKURAN SIKAP PADA
                                     PENELITIAN TINDAKAN KELAS

                                              Oleh: Sri Andriyani, S.H., M.Pd.


































            Banyak buku tentang penilaian sikap atau kita sering sebut dengan penilaian afektif. Buku ini
          ditulis  dengan  melihat  beberapa  pengalaman  guru  yang  menganggap  bahwa  penilaian  hanya
          sebatas nilai tes dan ujian semata. Dari sana guru baru bisa dengan mudah menilai hasil belajar
          siswa. Buku ini menceritakan bahwa dalam penelitian tindakan kelas tidak hanya bisa meneliti nilai
          tes saja namun bisa juga menilai sikap siswa.
            Guru  profesional  selalu  dituntut  untuk  mengembangkan  dirinya.  Pengembangan  dirinya  bisa
          dimulai dari penelitian tindakan kelas; suatu tindakan yang berguna untuk memperbaiki pengajaran
          guru di kelas. Perbaikan bisa tentang media pembelajaran, metode mengajar, ataupun kemampuan
          merespon segala keluh kesah siswa di kelas. Guru sebagai manajer di kelas harus bisa mengatur
          berhasil atau tidaknya pembelajaran di kelas. Sudah selayaknya guru profesional terus berkarya
          dengan membuat penelitian tindakan kelas sebagai salah satu kemampuan menulis yang bisa
          diungkapkan dalam sebuah literasi penelitian. Hasilnya pun bisa dimanfaatkan orang lain. Inilah
          alasan buku ini ditulis oleh sang penulis.
            Permasalahan guru dalam membuat penelitian tindakan kelas adalah ketidakpahaman mereka
          dalam  membuatnya.  Beberapa  di  antaranya  belum  mengerti  cara  pengolahan  data.  Sebagian
          memahami penelitian tidakan kelas hanya sebatas pada indikator nilai hasil belajar saja. Apabila
          hasil belajarnya di bawah KKM pada kelas tersebut, maka guru baru melakukan penelitian tindakan
          kelas. Masih bingung mencari alternatif tema apa yang akan diteliti ketika mendapati bahwa hasil
          belajar kelas ternyata sudah bagus. Ingin membuat penelitian tindakan kelas karena siswa di kelas
          tersebut sikapnya kurang baik, namun bingung bagaimana memulai mengukur sikap tersebut.
            Dalam buku ini dijelaskan bahwa tidak ada definisi yang pasti tentang sikap. Sikap bisa diartikan
          sebagai tingkah laku. Banyak para ahli yang mendefinisikan sikap sesuai versinya. Edwards, dalam
          buku “Teknik Penilaian Kelas dalam Pembelajaran”, mengatakan bahwa sikap adalah suatu bentuk
          evaluasi atau suatu reaksi perasaan. Mann mengemukakan bahwa sikap memiliki tiga dimensi,
          yaitu dimensi kognitif, dimensi afektif, dan dimensi konatif. Kognitif berisi persepsi, karakteristik yang
          dimiliki seseorang. Dimensi afektif merupakan perasaan seseorang terhadap obyek sikap. Aspek ini
          juga terkait masalah emosi. Dimensi konatif menunjukkan kecenderungan berperilaku.
            Sikap seseorang akan tercermin dari tingkah lakunya dalam menyikapi suatu masalah. Sikap
          mengacu pada perbuatan atau perilaku seseorang, tetapi tidak berarti semua perbuatan identik

                                                             5
   1   2   3   4   5   6   7   8   9   10