Page 6 - majalah_edukasi_2
P. 6
akan sesuai dengan yang diharapkan. Agar lulusan. Kualitas outcomes baru dapat diketahui
proses berjalan efisien dan efektif, diperlukan beberapa tahun kemudian setelah program
kepemimpinan yang baik untuk mengelola pendidikan selesai dilaksanakan. Misalnya
sumber daya yang ada. Kegagalan sekolah dapat diterima di sekolah lanjutan atau
menghasilkan output dan outcomes yang perguruan tinggi yang bonafid dan diterima di
berkualitas, disebabkan karena kepemimpinan lapangan pekerjaan yang diinginkannya. Jika
sekolah tidak mampu menjalankan fungsinya kualitas outcomes baik, akan berdampak pada
dengan baik. meningkatnya kepercayaan masyarakat pada
Lain halnya dari segi output/outcomes. Kualitas sekolah.
pendidikan dilihat dari hasil pendidikan yang Pentingnya kualitas outcomes, telah memaksa
diberikan pada peserta didiknya. Untuk itu, sekolah berlomba-lomba untuk membuat
perlu diyakini bahwa semua aspek dari proses program pendidikan yang jenius. Di sinilah
pendidikan merupakan hal yang penting. pentingnya merumuskan sebuah program
Dalam hal ini, kualitas Pendidikan tidak boleh pendidikan berdasarkan hasil atau dikenal
dilihat hanya dari sudut pandang yang sempit, dengan istilah Outcomes Based Education
misalnya hanya dari tinggi atau rendahnya nilai (OBE). Semakin baik kualitas outcomes,
ujian nasional, banyak atau sedikitnya siswa akan semakin mudah bagi sekolah menjaga
yang diterima di sekolah atau perguruan tinggi sustainabilitasnya. Pasalnya, masyarakat
favorit. Namun kualitas pendidikan harus juga sebagai pelanggan, melihat mutu sekolah dari
dilihat dari kemampuan lulusan menerapkan keterpakaian lulusan di masyarakat. Sekolah
ilmu pengetahuan yang didapatkan dari yang memiliki output yang baik dan terbukti
sekolah dalam seluruh aktivitas sehari-hari. mampu mengimplementasikan ilmu yang
Output/outcomes seharusnya mampu menyerap diperolehnya, akan diminati masyarakat.
seluruh aspek pembelajaran yang diberikan Outcomes Based Education (OBE) sebenarnya
sekolah, yang meliputi pengetahuan, sikap bukan hal baru bagi dunia pendidikan.
dan keterampilan. Sehingga kompetensi yang Kebanyakan sekolah sudah menerapkan hal ini,
dimilikinya itu mampu menjawab setiap namun belum secara sadar merumuskannya
tantangan yang dihadapinya dalam kehidupan menjadi sebuah program yang terstruktur
sehari-hari. Dengan demikian, kualitas output/ secara sistematis. Mereka merasa sudah selesai
outcomes tidak hanya dilihat sesaat setelah siswa urusannya dengan siswa ketika sudah lulus dari
lulus, melainkan dilihat juga beberapa tahun sekolah, padahal ini keliru. Sekolah bertanggung
kemudian setelah kelulusannya. jawab terhadap kualitas output dan outcomes.
Keluaran atau hasil dari dunia pendidikan Sekolah yang memiliki kebutuhan untuk
dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu menjaga keberlangsungan mutu output dan
output dan outcomes. Pembuatan kategori outcomes sama saja dengan memelihara mutu
ini dilakukan agar para pelaku pendidikan generasi bangsa, karena merekalah output dan
tidak keliru dalam memahaminya. Output outcomes pendidikan yang sebenar-benarnya.
menggambarkan hasil yang dicapai dari proses
pendidikan yang diberikan pada setiap peserta Penulis:
didik. Dalam kata lain output adalah profil Didi Suradi, M. Pd
dari lulusan yang dapat diamati dari perolehan Guru Yayasan Al
nilai serta perubahan perilaku yang nampak. Muslim Tambun
Kualitas output dapat segera diketahui setelah
program pendidikan selesai dilaksanakan, atau
sesaat setelah kelulusan. Sedangkan outcomes
merupakan dampak lebih lanjut dari profil
6