Page 5 - majalah_edukasi_2
P. 5

Outcomes Based Education (OBE): Tantangan bagi Sekolah



                  pakah setiap sekolah sudah menerapkan         rasa kepuasan masyarakat selaku penerima jasa.

                  Outcomes Based Education (OBE) dalam             Masyarakat biasanya menilai kualitas
          Amenjalankan proses pendidikannya?                    pendidikan dari tiga aspek, antara lain input,
          Apakah semua sekolah sudah secara sadar               proses dan output/outcomes.  Aspek input lebih
          menjaga mutu pendidikan agar menghasilkan             menekankan pada segi sumberdaya, finansial
          kualitas  outcomes seperti yang diharapkan?           dan   infrastuktur.
          Lalu apakah kualitas outcomes tersebut dapat             Sebagai contoh, sekolah akan dianggap
          berdampak pada  sustainabilitas sekolah?              berkualitas jika memiliki fasilitas dan sarana
          Pertanyaan-pertanyaan seperti ini perlu               yang lengkap dan baik. Selain itu, agar mutu
          dijawab untuk membuktikan bahwa semua hal             sekolah  terjaga,  maka  sistem  seleksi  siswa

          yang ditanyakan tersebut sudah benar-benar            baru harus lebih ketat. Calon siswa dengan
          dilaksanakan dengan baik di sekolah. Lalu             kategori yang tidak sesuai dengan kriteria
          seberapa pentingkah masalah peningkatan               yang dibutuhkan tidak akan diterima.  Biaya
          mutu pendidikan bagi sekolah dan masyarakat?          pendidikan yang mahal akan dianggap sebagai
            Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945,               sekolah yang bermutu. Alasannya, untuk
          setiap warga negara berhak mendapatkan                memiliki sarana dan fasilitas yang baik, sangat
          pendidikan. Maka, sekolah diwajibkan                  dibutuhkan biaya yang besar. Sekolah yang
          memberikan pelayanan pendidikan bagi                  mengukur kualitas pendidikan dari segi input
          seluruh peserta didiknya dengan kualitas yang         akan segera memenuhi kriteria yang diuraikan
          baik. Untuk itulah Departemen Pendidikan              diatas.
          dan Kebudayaan mengeluarkan Permendikbud                 Aspek proses menekankan pada segi

          No. 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan           pengelolaan yang dilakukan oleh lembaga
          Mutu Sekolah Dasar dan Menengah.                      pendidikan, termasuk juga pengawasan
          Permendikbud  ini  wajib  diterapkan  oleh            terhadap jalannya proses pendidikan yang
          seluruh sekolah baik negeri maupun swasta.            dilakukan. Proses akan dianggap baik jika
          Dengan demikian, setiap lembaga pendidikan            sekolah mampu mengoptimalkan seluruh
          sebagai pemberi jasa, wajib menjaga kualitas          sumber daya yang dimiliki. Jika proses ini
          pelayanan pendidikannya, sehingga memenuhi            berlangsung dengan baik, maka hasilnya

































                                                                                                                    5
   1   2   3   4   5   6   7   8   9   10