Page 5 - majalah_edukasi_2
P. 5
Outcomes Based Education (OBE): Tantangan bagi Sekolah
pakah setiap sekolah sudah menerapkan rasa kepuasan masyarakat selaku penerima jasa.
Outcomes Based Education (OBE) dalam Masyarakat biasanya menilai kualitas
Amenjalankan proses pendidikannya? pendidikan dari tiga aspek, antara lain input,
Apakah semua sekolah sudah secara sadar proses dan output/outcomes. Aspek input lebih
menjaga mutu pendidikan agar menghasilkan menekankan pada segi sumberdaya, finansial
kualitas outcomes seperti yang diharapkan? dan infrastuktur.
Lalu apakah kualitas outcomes tersebut dapat Sebagai contoh, sekolah akan dianggap
berdampak pada sustainabilitas sekolah? berkualitas jika memiliki fasilitas dan sarana
Pertanyaan-pertanyaan seperti ini perlu yang lengkap dan baik. Selain itu, agar mutu
dijawab untuk membuktikan bahwa semua hal sekolah terjaga, maka sistem seleksi siswa
yang ditanyakan tersebut sudah benar-benar baru harus lebih ketat. Calon siswa dengan
dilaksanakan dengan baik di sekolah. Lalu kategori yang tidak sesuai dengan kriteria
seberapa pentingkah masalah peningkatan yang dibutuhkan tidak akan diterima. Biaya
mutu pendidikan bagi sekolah dan masyarakat? pendidikan yang mahal akan dianggap sebagai
Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945, sekolah yang bermutu. Alasannya, untuk
setiap warga negara berhak mendapatkan memiliki sarana dan fasilitas yang baik, sangat
pendidikan. Maka, sekolah diwajibkan dibutuhkan biaya yang besar. Sekolah yang
memberikan pelayanan pendidikan bagi mengukur kualitas pendidikan dari segi input
seluruh peserta didiknya dengan kualitas yang akan segera memenuhi kriteria yang diuraikan
baik. Untuk itulah Departemen Pendidikan diatas.
dan Kebudayaan mengeluarkan Permendikbud Aspek proses menekankan pada segi
No. 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan pengelolaan yang dilakukan oleh lembaga
Mutu Sekolah Dasar dan Menengah. pendidikan, termasuk juga pengawasan
Permendikbud ini wajib diterapkan oleh terhadap jalannya proses pendidikan yang
seluruh sekolah baik negeri maupun swasta. dilakukan. Proses akan dianggap baik jika
Dengan demikian, setiap lembaga pendidikan sekolah mampu mengoptimalkan seluruh
sebagai pemberi jasa, wajib menjaga kualitas sumber daya yang dimiliki. Jika proses ini
pelayanan pendidikannya, sehingga memenuhi berlangsung dengan baik, maka hasilnya
5