Page 22 - majalah_edukasi_8
P. 22

Peranan MOOCS


                                              Dalam


                                              Pengembangan


                                              Profesionalisme



                                              Guru









                                        Nunung Nuraida

                                        (Guru SMK Al Muslim – Anggota KPPBR)





               MOOCs atau Massive Open Online Course merupakan inovasi baru dalam
               dunia pendidikan dimana pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Ini artinya
               para peserta MOOC mengakses pembelajaran secara daring dari rumah.
               MOOC terbuka bagi siapa saja, tanpa ada prasyarat pendaftar dengan target
               peserta yang mengikuti mencapai jumlah ribuan atau bahkan ratusan ribu
               orang. Karena MOOC ini tersedia secara daring, artinya pembelajaran didisain
               sedemikian rupa sehingga peserta dapat dengan mudah dan leluasa memahami
               materi yang diberikan. Hal ini butuh kreativitas dari para pendesain materi
               pembelajaran sehingga pembelajaran tetap bisa menarik meski harus
               dilaksanakan tanpa tatap muka secara langsung.
               Dalam perjalanannya ada beberapa jenis MOOC, di antaranya adalah xMOOC
               dan cMOOC.xMOOC merupakan MOOC yang disediakan dan diadakan oleh
               kampus-kampus sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran mereka yang
               butuh dilaksanakan secara daring dalam jumlah besar karena keterbatasan
               ruang belajar sementara peminat perkuliahan sangat tinggi. Sementara cMOOC
               adalah kursus yang dilaksanakan oleh lembaga atau perorangan yang memang
               bukan bagian dari perkuliahan resmi yang diselenggarakan di kampus. Kursus
               ini terbuka bagi siapa saja tanpa ada batasan usia, jenjang pendidikan, dan
               dilakukan secara daring. Informasi pelaksanaan MOOC ini juga umumnya
               berbasis media sosial. Penyebaran informasi kursus dilakukan melalui laman
               Facebook, Twitter, Instagram atau bahkan melalui grup Whatsapp. Materi yang
               diberikan beragam dan seringkali diadakan atas masukan atau permintaan
               para peserta MOOC.






                                                                          21
   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27