Page 24 - majalah_edukasi_8
P. 24

Open, atau terbuka, maksudnya adalah bahwa kursus dapat diikuti oleh siapa
                saja. Ini berarti guru dapat mengikuri kursus tentang topik apapun yang menarik
                minatnya, tanpa ada embel-embel “khusus guru SD” atau “pelatihan untuk guru
                Matematika’ saja. Hal ini bisa menambah wawasan keilmuan guru meskipun
                mungkin tidak sejalan dengan keahlian yang saat ini dimiliki.
                Massive, atau sangat besar (dalam jumlah peserta), berarti bahwa kursus dapat
                diikuti oleh sekaligus banyak orang sehingga dapat menampung sejumlah besar
                guru tanpa kendala ruang terbatas.
                Sebagai tambahan, MOOCs juga umumnya disediakan secara gratis yang tentu
                saja menjadi pertimbangan penting bagi guru yang memiliki dana atau
                keuangan terbatas. Walaupun sebenarnya tidak sepenuhnya gratis karena guru
                harus menyediakan quota internet yang tidaksedikit untuk mengaksesnya, namun
                guru tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya mengikuti kursus.
                Dari kelebihan di atas, ternyata ada juga kekurangan MOOC dalam membantu
                proses pengembangan guru. Diantaranya adalah (1) terkadang banyak guru
                yang mengalami kendala kesulitan akses masuk  ke kursus karena sinyal internet
                yangtidak bagus, terutama di daerah-daerah terpencil. Hal ini tentu
                mengganggu proses belajar mereka sehingga pembelajaran mereka tidak
                berjalan dengan maksimal; (2) karena banyaknya peserta, kesempatan bertanya
                sangatlah kecil sehingga terkadang masih ada materi kursus yang belum jelas
                namun sulit untuk bisa memperoleh penjelasan tambahan di waktu tersebut; (3)
                dan yang paling disayangkan adalah keikutsertaan guru dalam setiap kursus
                hanya didasari atas keinginan untuk mendapatkan sertifikat, yang tentu sudah
                menjadi rahasia umum. Akhirnya pada praktiknya hanya sebagian kecil guru
                yang benar-benar mengikuti kursus dengan total. Sisanya, mereka mendaftar,
                mereka masuk kursus, mereka tinggalkan untuk kemudian melakukan hal lain,
                lalu kembali hanya untuk mengisi daftar hadir dan berharap sertifikat.
                Untungnya, sudah ada beberapa penyelenggara yang membaca gelagat ini
                sehingga dalam setiap isian daftar kehadiran, ada kolom yang meminta peserta
                untuk mengisi resume materi sebanyak minimal tiga paragraf. Ini tentu sangat
                bagus karena setidaknya mampu membuat para peserta untuk mengikuti
                keseluruhan kursus secara maksimal.
                Untuk mengembangkan profesionalismenya melalui MOOC, guru harus
                menyiapkan: a. Perangkat teknologi yang mumpuni berupa komputer, laptop,
                netbook atau Hand Phone. b. Jaringan internet yang stabil c. Waktu yang cukup
                untuk mengikuti kursus d. Daftar materi atau topik yang dibutuhkan sebagai
                penunjang profesionalisme e. Komitmen untuk menuntaskan setiap kursus yang
                diikuti.
                Dari paparan tersebut di atas, MOOCs mampu memberikan kesempatan yang
                luas dan besar bagi para guru untuk mengembangkan profesionalisme mereka
                dalam menunjang profesi mereka dalam mengajar. Dengan demikian, wawasan
                dan keahlian guru dapat meningkat dan diharapkan mampu meningkatkan
                kualitas para siswa-siswinya.











                                   23
   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29