Page 23 - majalah_edukasi_8
P. 23

MOOC inilah yang umumnya diikuti oleh para guru sebagai jalan untuk
                mengembangkan diri mereka. Selain tentunya dengan melanjutkan pendidikan
                ke level yang lebih tinggi, gelar master misalnya, guru dapat mengembangkan
                dirinya melalui program MOOC yang sekarang informasinya banyak sekali
                tersebar di dunia maya termasuk grup-grup Whatsapp. Guru bisa memilih topik
                atau materi yang menarik minat mereka dan tentunya yang dianggap sesuai
                dengan latar belakang keahlian yang dimiliki. Mereka kemudian akan ikut
                mendaftar webinar atau pelatihan, dan mengikuti pelatihan tersebut hingga usai
                dan akhirnya berhasil mendapotkan sertifikat bukti keikutsertaannya. Namun
                tentu saja, serifikat hanyalah pencapaian kecil dari keikutsertaan mereka. Yang
                terpenting tetaplah ilmu yang diperoleh selama mengikuti kursus dan
                penerapannya dalam menunjang profesinya sebagai guru.
                Keikutsertaan guru dalam MOOC meningkat tatkala mereka harus
                melaksanakan bekerja di rumah dikarenakan pandem ivirus corona yang
                menyerang seluruh dunia. Kursus atau pelatihan daring bertebaran di media
                sosial dengan peserta mencapai ribuan orang terdiri dari guru dari Sabang
                sampai Merauke.
                Ini menjadi angin segar bagi peningkatan profesionalisme guru karena mereka
                dapat mengakses ilmu-ilmu penunjang melalui MOOC ini. Dulu mereka
                memiliki alasan untuk tidak bisa mengikuti kursus-kursus yang ada seperti
                terkendala biaya, jarak, lokasi dan waktu. Tapi sejak bekerja dari rumah, guru
                memiliki waktu yang cukup luang untuk akhirnya bisa mengikuti berbagai
                program MOOC yang diadakan oleh berbagai komunitas belajar, Tikomdik
                contohnya.
                Jadi, peranan MOOC dalam pengembangan profeionalisme guru sangat besar
                karena mampu membuka kesempatan guru untuk bisa belajar dan mengakses
                ilmu dari mana saja dan kapan saja, secara gratis.
                Dalam setiap program yang dicanangkan, tentu akan selalu ada penilaian yang
                mengiringi sebagai bahan evaluasi keberhasilan program tersebut. Tidak
                terkecuali MOOC yang sangat berperan besar dalam menyediakan kesempatan
                bagi guru untuk mengembangkan profesionalismenya. Kelebihan MOOC tentu
                dilihat dari karakternya yang online, open dan massive.
                Online, atau dalam jaringan, artinya kursus dapat diakses guru dari mana saja,
                baik di kantor maupun di rumah karena diakses secara daring yang penting
                tersedia jaringan internet. Ini berarti guru tidak perlu bersusah payah untuk pergi
                ke lokasi tertentu untuk menimba ilmu. Akan tetapi, guru cukup mengaksesnya
                dari kantor maupun dari rumah sehingga beberapa hal yang menjadi
                pertimbangan guru untuk ikut kursus atau pelatihan di luar rumah dapat
                diminimalisir (misalnya: tidak ingin meninggalkan anak, tidak dapat izin
                pasangan, dll)



















                                               22
   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28