Page 35 - majalah_edukasi_1
P. 35

Judul         : Apa Salahnya Jadi Late Bloomer?
                                                Penulis       : Siti Mugi Rahayu, M.Pd.
                                                Penerbit      : Pustaka Media Guru
                                                Tahun         : 2017
                                                Halaman       : 82









          Oleh Sri Andriyani,M.Pd
          (Guru SD al muslim Tambun)

               isah pertama di dalam buku menuturkan bah-     ri dan berisik. Itu adalah keunikan masing-masing
               wa awal penulis menjadi guru bukanlah cita-    anak. Tugas guru memperkenalkan bagaimana dunia
         K     citanya. Namun takdir yang menghantarkan       luar yang sesungguhnya. Bahwa seseorang tidak bisa
          beliau menjadi guru. Satu hal yang bisa di ambil    hidup sendiri walau terkadang seseorang butuh kes-
          adalah menentukan cita-cita harus di mulai dari diri   endirian.
          sendiri tidak karena orang lain sekalipun orangtua.    Semua  anak bisa saja berubah. Pada satu pelaja-
          Ini bisa dijadikan rujukan orangtua ketika kita     ran dia kurang, pelajaran lain dia bisa unggul. Anak
          mengarahkan pendidikan dan cita-cita anak harus     akan senang ketika selesai dan bisa mengerjakan
          melihat potensi. Misalnya anak lebih suka untuk ber-  pekerjaannya sampai selesai. Anggaplah si Amir, yang
          sosialisasi dengan orang lain dan tidak suka me-    menyebalkan namun bisa menyenangkan ketika dia
          nyendiri maka orangtua bisa mengarahkan menjadi     bisa menyelesaikan soal akuntasi. Akuntansi bisa di-
          seorang Jaksa, pengacara ataupun Hakim.             mengerti, itu karena gurunya menyenangkan. Sehing-
             Kisah Kedua menceritakan tanggung jawab guru     ga ketika keluar SMA si Amir selalu teringat sang
          dalam pendidikan. Kisah kedua ini mengingatkan      guru. Pelajaran yang bisa diambil dalam kisah ini jad-
          kembali ketika bertemu dengan guru yang galak,      ilah guru yang menyenangkan agar dikenang dan di
          guru yang setiap hari hanya menyuruh menuliskan     ingat oleh siswanya. Hal ini menambah motivasi
          catatan di papan tulis atau guru yang selalu mem-   pembaca untuk menjadi guru yang menyenangkan.
          beri tugas kepada siswanya lalu pergi meninggalkan     Setiap anak bisa saja berubah, dia tidak pernah
          kelas. Hal ini memberikan inspirasi kepada pembaca   selalu kecil, tetapi setiap pelukan adalah kenangan.
          untuk berbuat lebih baik saat mereka berprofesi     Tetap menjadi guru yang menyenangkan apalagi
          sebagai guru. Guru harus lebih pintar dari siswa.   sampai memeluk sebagai bentuk perhatian dan sa-
          Sehingga siswa menjadi hormat dan santun ter-       yang kepada anak. Dalam kehidupan keluarga, ayah
          hadap guru.                                         yang sering memeluk anaknya, dan ibu yang sering
             Late Boomer bagi adalah istilah yang cukup as-   mencium anaknya akan memberikan kehangatan
          ing, namun setelah membaca buku ini menjadi lebih   yang luar biasa dalam keluarga. serta dapat menum-
          paham tentang Late Bloomer, istilah yang diberikan   buhkan semangat dan energi positif untuk anak.
          pada anak-anak yang mengalami keterlambatan da-     Maka jadilah orangtua yang ramah dan lembut mes-
          lam perkembangannya. Terlambat bukan berarti        kipun menyelipkan ketegasan.
          tidak mampu, penulis mencontohkan penemu hebat         Dalam menghadapi anak yang kekurangan kasih
          yang namanya telah dikenal di dunia. Dialah Ein-    sayang, orangtua dan guru bisa menjalin hubungan
          stein, ternyata keterlambatannya dimasa kecil       yang baik dan dapat saling mengingatkan. Lebih dari
          menajdikan dia seorang penemu yang memberikan       itu, hubungan itu tidak hanya sebagai stake holder
          manfaat bagi seluruh masyarakat.                    saja, namun juga menjadi lebih berarti karena peran
             Banyak permasalahan yang dibahas dalam buku      guru seperti orangtua buat anak disekolah. Setiap
          ini seperti masalah anak yang intovert dan yang si   anak memang cenderung memiliki kemmpuan ber-
          ekstovert di kelas, bagaimana menyikapi anak model   beda, walaupun mereka saudara kandung, faktor ge-
          tersebut? Anak pendiam bukan kekurangan, begitu     netika memang mempengaruhinya. Namun, yang
          pun anak-anak yang senang bergerak ke sana kema-    tidak boleh terasa oleh anak adalah rasa ketidakadi-

                                                                             Edisi April 2018                              |  35
   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40