RUMUS HIDUP

iim Kamilah

Manusia dihidupkan di dunia ini salah satu adalah untuk menyiapkan bekal. Bekal amal ibadah yang dibutuhkan untuk nanti hidup di akhirat. Kehidupan sejati dan selamanya setelah meninggal dari dunia ini. Kematian bukanlah akhir kehidupan namun awal dari kehidupan yang sesungguhnya.

Hari demi hari terus datang berganti. Allah berikan kesempatan manusia untuk menambah tabungan amal di setiap harinya. Semoga saat pulang kampung akhirat nanti bisa membawa koper besar yang full dengan bekal amal. Perjalanan hidup yang sangat panjang di sana tentu tak cukup dengan satu atau dua koper bekal amal.

Pahala amal didapat setelah menjalankan kehidupan sesuai  skenario Allah dan sesuai peran yang Allah berikan. Jika keluar dari peran dan scenario Allah sebagai sutradara ibarat pegawai yang bekerja tidak sesuai instruksi atasan maka tak akan ada bayaran atas pekerjaannya karena tidak sesuai dengan ekspektasi atasan. Jika demikian adanya sudah seharusnya meminta maaf, harus mohon ampun sehingga diberi gaji. Kesalahan akan menjadi perisai terkabulnya harapan dan rezeki.

Tips hidup aman dan sukses terdapat pada 2 kata kunci yaitu “dengarkan” dan “patuhi”. Ini bukan hal mudah karena tak semua manusia bisa menerima  peran yang Allah berikan dan scenario yang Allah instruksikan. Namun, mau bagaimana lagi karena walaupun menurut manusia peran dan scenarionya tak bagus namun menurut Allah itu sudah merupakan yang terbaik. Manusia penuh dengan keterbatasan sedangkan Allah Maha Tahu segalanya. Jadi mau tak mau harus ridha menerima ketentuanNya.

Dalam perjalanan hidup menjalani peran dan scenario Allah, tentu manusia menghadapi berbagai tantangan dan persoalan. Semua persoalan dari Allah, Allah yang tahu jawabannya. Sudah sepatutnya manusia mengembalikan persoalan itu pada Allah, konsul pada Allah, dan meminta solusinya pada Allah.
Demikian juga bila manusia memiliki keinginan, sampaikan pada Allah yang Maha Penyayang melalui doa. Allah sudah berjanji akan mengabulkan doa hambanya. Manusiatind harus memantaskan diri sehingga doanya layak dikabulkan.

Selamat dan sukses untuk para manusia yang sampai detik ini masih tetap tegar bertahan dalam deraan ujian Allah yang tiada henti. Ujian yang membuat manusia naik derajat semakin tinggi mendekati qurb Ilahi. Salam salut untuk semuanya.

Bekasi, 28 Januari 2024
Iim Kamilah13:54

Red Heart

2 thoughts on “RUMUS HIDUP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *