Pojok Baca di Ruang Asa

Pojok Baca di Ruang Asa
Oleh : Amy Rahmadania, S.Pd

(MTs Unggulan Al Munawwaroh – Cikarang Barat) Beraneka buku berjajar rapi tak lepas menyelaras dengan mimpi anak-anak Negeri. Menjadi pemuda yang tangguh, tak mudah rapuh dan selalu diiringi letupan semangat yang selalu bergemuruh adalah salah satu pemantik asa kami dalam membangun Pojok Baca ini yang berdiri pada awal tahun pelajaran 2022 – 2023 M / 1443 – 1444 H.
“Buku adalah jendela hati” begitulah slogan di Pojok Baca kami. Mengapa demikian? Sebab Qalbun Salim akan melihat segala kebajikan, dan salah satunya melalui buku. Begitupula Allah perintahkan untuk Iqra bismirabbik yakni memuat perintah revolusioner agar terlahir suatu perubahan, terutama perubahan dalam sebuah kehidupan.
Berdirinya Pojok Baca di salah satu Madrasah dalam naungan Yayasan Assabilatul Munawwaroh (YASMU) yang diketuai oleh Dr. KH Aca Syathibie,Lc.,MA.,M.S.I ini juga merupakan bentuk dukungan dari Program Gerakan Literasi Nasional Gareulis Jabar (Gerakan Literasi Jawa Barat) yang diketuai oleh Hj. R. Yulia Yulianti, M.Pd dan sekaligus sebagai Ketua Umum GLN Gareulis Jabar. Adalah sebuah Program Gerakan Literasi Nasional yang mengkolaborasikan implementasi Gerakan Literasi di Sekolah. Selain itu jika menengok pada hasil Riset bertajuk World’s Most Literate Nations Ranked yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 Negara dalam hal minat membaca, berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61). Hal itu bertolak belakang dengan infrastuktur Indonesia dalam rangka mendukung budaya membaca, dimana Indonesia masih berada di atas Negara-Negara Eropa. Perbandingan terbalik berdasar hasil riset itu juga ditambah dengan Indonesia mendapat urutan ke-5 sebagai Negara yang paling aktif di Media Sosial dan hampir 9 jam menatap gadget dalam sehari. Hal menyedihkan inilah yang juga menjadi barometer Madrasah yang dikepalai oleh Faruq Al Ghozi, S.Pd ini dalam mendirikan diorama ruang baca ini.
Dengan berdirinya Pojok Baca disertai dengan koleksi buku yang memang menjadi kebutuhan siswa/i MTs Unggulan Al Munawwaroh tentu tidaklah heran bahwa Pojok Baca menjadi salah satu spot utama saat istirahat dengan sistem kunjungan terpisah. Senin s/d Rabu adalah jadwal kunjungan untuk Akhwat dan Kamis s/d Sabtu adalah jadwal kunjungan untuk Ikhwan. Pojok Baca ini tidak luput dari Tim Penggerak Literasi yang beranggotakan Salsabila Ananta Putri, Kania Azzahra, Nuri Febri Lestari, Marsya Hurriyati Romli, Yunita, Hinata Faizaturrohmah, Tazkia Habibahtus Sa’adah, Khoirunnisa, Fachri Akbar Ardani dan M. Hafidz Al Aqil. Tim Literasi tersebut diprakarsai oleh Amy Rahmadania, S.Pd sebagai salah satu Dewan Asatidzah MTs Unggulan Al Munawwaroh sebagai salah satu alumni Sekolah Guru Indonesia (SGI) angkatan XXXI yang tersebar di berbagai Provinsi di Indonesia, dan merupakan Anggota Komunitas Guru Penulis Bekasi Raya (KGPBR).
Koleksi buku terdiri dari 10 Macam buku; mulai dari Novel, Motivasi, Pengetahuan Islam dan Umum, Komik & Humor Islami, Biografi, dan Kitab. Semuanya adalah buku-buku pilihan terbaik dengan menyusuaikan rentang usia dan kebutuhan mereka sebagai Early adolescent. Yakni sebagai Remaja dengan masa transisi awal adalam perubahan fisik, psikis, dan sosial. Di usia inilah salah satu waktu yang tepat dalam penanaman jati diri dan pengembangan potensi.
Tidak lupa kami ucapkan kepada para pemberi dukungan dalam berdirinya Pojok Baca mulai dari Dewan Yayasan, Dewan Asatidzh, Orang Tua, dan Siswa yang semua memiliki peran penting dalam mendirikan Pojok Baca ini. Semoga Allah SWT ganti beribu kebaikan dengan cara-cara terbaik.
Sebagai penutup, bahwa segala asa kami panjatkan. Sebab membaca adalah salah satu upaya untuk menyalakan masa depan. Membaca juga merupakan salah satu bentuk cara untuk membangun peradaban. Semoga menjadi pengantar terbaik untuk mengantarkan para calon pemimpin masa depan dengan sejuta harapan.

One thought on “Pojok Baca di Ruang Asa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *