Marhaban Yaa Ramadhan

*”Marhaban Yaa Ramadhan”*

#tantanganharike14
#Tantangan14HariKGPBR

Tinggal menghitung hari kita akan menemui Bulan kemuliaan, Bulan penuh rahmat Allah, Bulan penuh ampunan-Nya, Bulan yang penuh dengan kebaikan belipat ganda serta Bulan dimana kita umat Islam diuji keimanan dan ketaqwaannya pada Allah Swt yang Maha Pencipta dan Kuasa atas segala ciptaannya.
Mengapa kaum muslimin dan muslimat diseluruh pelosok Dunia bersiap menyambut bulan Ramadan dengan Suka Cita, sedangkan mereka akan berlapar dahaga selama 1 bulan penuh?
Jika demikian pasti ada yang penting, yakni “Ramadhan adalah kesempatan Emas, maka itu kejarlah sedapat mungkin dengan berpuasa yang penuh kesungguhan”.
Allah berfirman :
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwaqwa. (Q.S. Al-Baqarah/2: 183)

Hadist Nabi SAW :
إِنَّ فِي الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَا يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ يُقَالُ أَيْنَ الصَّائِمُونَ فَيَقُومُونَ لَا يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ فَإِذَا دَخَلُوا أُغْلِقَ فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ
“Sesungguhnya di surga ada pintu yang dinamakan Ar Rayyan, yang akan dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa pada hari kiamat nanti, dan tidak ada yang memasuki melaluinya kecuali mereka. Dikatakan: “Mana orang-orang yang berpuasa? Maka mereka berdiri, dan tidak ada yang memasukinya seorang pun kecuali mereka. Jika mereka sudah masuk, maka pintu itu ditutup, dan tidak ada lagi seorang pun yang masuk melaluinya.” (HR. Bukhari No. 1797, 3084, Muslim No. 1152, At Tirmidzi No. 762, Ibnu Majah No. 1640).

Semoga apapun keadaan kita saat ini, khususnya negeri ini kita tetap semangat beribadah khususnya saat Puasa Ramadhan dan ibadah lainnya dalam bulan Ramadhan tahun ini dan semoga Allah memberi kita umur yang panjang hingga bisa bertemu Bulan mulia yakni Ramadhan.

#literasiguru
#Tantangan14HariKGPBR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *