*TIP MENINGKATKAN MINAT BACA BUKU*

Oleh : Supardi Harun

Umumnya orang suka baca WA daripada buku. Kenapa? Mungkin di WA lebih menarik dan lebih pendek tulisannya daripada buku. Sehingga baca buku malas dan tidak tertarik. Bosan.

Bagaimana cara meningkatkan minat baca,agar senang membaca buku.

Pertama,  sisihkan waktu khusus untuk membaca buku. Tidak usah lama-lama. Misal 10- 15 menit saja. Bisa baca apa saja, baik buku, koran, majalah atau artikel lainnya. Kegiatan ini kita dilakukan tiap hari. Pilihlah waktu yang menurut Anda nyaman. Bisa pagi hari, siang atau malam menjelang tidur. Setelah 10- 15 menit coba bulan berikutnya nya ditambah waktunya. Misal, 15 – 20 menit. Setelah melakukan kebiasaan membaca 20 menit merasa enjoy, bisa ditambah lagi waktunya. Dan seterusnya hingga Anda benar-benar menikmati baca buku setiap hari.

Kedua, membeli satu buku sebulan sekali. Sisihkan uang Anda untuk membeli buku. Saya yakin bisa. Karena, beli bakso dan mie ayam saja bisa. Coba sisihkan.sebagian uang Anda untuk membeli buku. Buku apa saja yang Anda suka. Misal, novel, puisi,  buku panduan, buku ekonomi dan lain sebagainya.Sesuai dengan  selera Anda. Kalau tiap bulan beli satu buku, maka 1 tahun punya 12 buku. Saya yakin apabila di rak, terpampang  banyak buku bacaan, pasti ada keinginan untuk membacanya.

Ketiga, memanfaatkan  waktu luang. Disela-sela Anda punya waktu longgar gunakan untuk membaca buku. Misal, sedang kosong tidak ada jadwal mengajar. Di kantor sambil menunggu pergantian mata pelajaran, bisa Anda manfaatkan untuk membaca buku. Contoh lain, ketika menunggu kereta atau  pesawat  terbang. Dari pada bengong, gunakan untuk baca buku.

Keempat, selalu membawa buku. Biasakan ketika bepergian selalu membawa  buku. Bawalah buku yang tipis saja agar tidak berat di tas. Nah, apabila jalan macet, kita bisa gunakan untuk membaca buku di dalam mobil. Atau ketika di atas pesawat atau di kereta  kita bisa  gunakan baca buku

Kelima, mempunyai target . Misalnya ,Anda sedang membaca novel yang tebalnya 250 halaman. Anda bisa target 1 minggu  selesai membaca. Karena ada target maka Anda akan semangat untuk segera membaca buku tersebut. Sebaliknya, kalau tidak ada target membaca , biasanya buku tersebut mangkrak.Alias tidak selesai dibaca.

Karena, sejatinya orang yang banyak membaca buku, pastin akan kaya ilmu.

Bekasi,7 April 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here