KALDU KHAS MADURA ALA NENG CEHA

KALDU KHAS MADURA
Neng Ceha

Siapa yang tak suka jalan-jalan ? Siapa yang tak suka cicip masakan khas suatu daerah yang sedang dikunjungi ? Siapa yang belum pernah ke pulau Madura ?

Hmmm… Sungguh disayangkan, jika kita ke suatu daerah kemudian meninggalkan moment penting seputar mencicipi berbagai masakan khas daerah yang kita kunjungi.

Tahukah anda, bagaimana rasanya masakan kaldu khas Madura ? Wah wah, amat disayangkan bagi yang pernah melakukan perjalanan ke Madura akan tetapi belum pernah mencicipi betapa nikmat dan lezatnya kaldu khas Madura.

Masakan kaldu khas Madura ini tergolong unik loh… Mengapa demikian ? Karena selain rasa kaldu yang nikmat berisikan daging sapi pilihan, di dalamnya pun ditambahkan dengan kacang hijau. Loh kok bisa ya kacang hijau masuk ke kaldu ? Bukankah kacang hijau identik dibuat untuk bubur dan rasanya manis ?
Nah ini wajib kamu tahu bahwa kacang hijau juga bisa diajak duet dengan kaldu. Hehehe. Gimana cara penyajiannya ya ?

Jangan khawatir, saya akan memberikan resep kreatif memasak kaldu khas Madura, diantaranya adalah :
– 500 gr daging sapi
– 1,5 liter air
– 7 buah bawang putih
– 1 sendok lada
– 3 ruas jahe
– 2 sendok garam
– 2 batang daun bawang
– 2 batang daun seledri
-1/4 kacang hijau

Cara pembuatannya :
Pertama-tama rebus kacang hijau hingga mendidih dan terlihat mekar. Sambil merebus kacang hijau, siapkan panci yang telah diisi 1,5 liter air untuk merebus 500 gr daging sapi yang sudah dicuci bersih. Setelah daging sudah dirasa empuk, masukan bumbu-bumbu (1 sdm lada, 7 siung bawang putih dan 3 ruas jahe) yang sudah dihaluskan dan aduk hingga rata. Sebelum bumbu dimasukkan ke dalam rebusan daging sapi, bumbu ditumis terlebih dahulu agar tidak terasa langu.
Setelah dirasa bumbu telah merata, kemudian masukan kacang hijau yang telah direbus tadi ke dalam olahan masakan dan diamkan beberapa menit hingga bumbu menyerap ke dalam kacang hijau. Setelah dirasa menyerap, matikan kompor. Kaldu khas Madura siap disajikan.
Demi menambah kenikmatan rasanya jangan lupa beri taburan daun bawang dan seledri yang telah di potong-potong ke dalam mangkung. Selain itu bisa juga ditambahkan bumbu racik kaldu sapi atau kaldu jamur.

Selamat mencoba !

Salam literasi !
Tantangan menulis KPPBR ke-7

4 thoughts on “KALDU KHAS MADURA ALA NENG CEHA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *