_Tantangan ke 1 KPPBR_

*Hadiah HUT Kabupaten Bekasi*
by: Lina
____________

Pandemi Covid-19 tidak malu merambah hingga Kabupaten Bekasi. Banyak wilayah menjadi Zona Merah karena ulahnya. Termasuk wilayahku, Kecamatan Cibitung.

Sejak pertengahan Maret 2020, semua orang harus memakai masker ketika keluar rumah. _Hand sanitizer_ menjadi langka, karena salah satu benda wajib yang mesti dipergunakan setiap selesai melakukan sesuatu.

Masyarakat Kabupaten Bekasi, termasuk patuh melaksanakan Instruksi dari Presiden yang turun ke bawah. Yaitu harus menjaga kesehatan dengan tidak keluar rumah bila tidak terlalu penting-penting _banget_. Ketika keluar rumahpun harus mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh pemerintah Republik Indonesia.

Di tengah mewabahnya Pandemi Covid-19, Kabupaten Bekasi merayakan Hari jadinya yang ke 70 tepat pada tanggal 15 Agustus 2020. Dalam perayaannya tidak seramai tahun sebelumnya. Tiap Satuan Pendidikan memakai pakaian khas Bekasi. Lalu berfoto dilanjutkan makan bersama. Walaupun begitu, nuansa kedaerahan dan semarak tetap terasa. Melalui media sosial yang menyebarkan flyer dengan ucapan *Selamat Hari Ulang Tahun Kabupaten Bekasi ke 70*

Pada sebagian masyarakat, ada yang masih memberikan kado bagi yang berulang tahun. Sebagian besar yang lainnya tidak melakukannya. Ada suasana berbeda dalam HUT Kabupaten Bekasi saat ini.

Apa yang berbeda? Pada medio awal Agustus 2020. Aku dan suamiku tersentak mendapat kabar dari salah seorang warga, bahwa ada seorang warga yang postif Covid-19. Karena dikhawatirkan _hoaks_, kami yang saat itu sedang ada urusan di luar rumah, langsung menelpon warga yang katanya Positif Covid-19. Ternyata benar berita tersebut.

Setelah berkoordinasi dengan pihak kelurahan, puskesmas terdekat, RW, RT dan lingkungan. Lalu disepakatilah bahwa korban diisolasi ke Wisma. Semua tentu kaget, karena korban terkenal dengan kehidupan sehatnya, rajin olah raga dan aktif di lingkungan. *Positifnya disebut Orang Tanpa Gejala atau OTG*. Bisa jadi karena di tempatnya bekerja ada yang divonis positif.

Warga yang tinggal di blok tersebut akhirnya dites swab. Seluruh warganya juga isolasi mandiri sejak tanggal 5 Agustus. Bantuan datang berupa masakan matang, jajanan anak dan sembako. Informasi perkembangan kondisi warga, didapat melalui WA japri atau grup.

Hadiah dari Allah bertepatan HUT ke 70 Kabupaten Bekasi, *hasil Tes Swab Warga yang dekat dengan OTG tersebut semua negatif* begitu juga dengan OTG, setelah dinyatakan positif, hasil tes setelah isolasi, juga negatif. Masyarakat perumahan menangis haru sambil berucap *Alhamdulillah*.

Hadiah yang sungguh luar biasa.

🌹🌹🌹🌹🌹
# Cibitung, 16.08.2020
# 08.11

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here